Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyambangi anak korban rudapaksa di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, untuk memberikan dukungan pemulihan sekaligus bantuan kebutuhan dasar sampai pemberdayaan, sehingga korban tetap bersemangat untuk berjuang demi hidup yang lebih baik.

"Kami memberikan dukungan. Sebelumnya kami melakukan asesmen, ternyata lingkungannya juga cukup mendukung," kata Mensos Risma dalam rilis yang diterima, Minggu.

Mensos memberikan bantuan berupa kebutuhan dasar seperti paket bahan pokok, perlengkapan kebersihan, tambahan nutrisi, serta perlengkapan sekolah pada anak tersebut.
Sementara itu untuk bantuan kewirausahaan diberikan dukungan usaha berupa kuliner ayam penyet yang diberikan melalui kakak korban.

Baca juga: Kemensos saat ini belum miliki anggaran untuk bantuan penderita gagal ginjal akut

"Kami juga didukung kepala desa, bupati, petugas medis, yang semua turut membantu. Harapannya penguatan ini tidak hanya bermanfaat untuk korban, tetapi juga kakak atau bahkan ibunya ketika kembali dari luar negeri," kata Mensos.

Seorang ayah di Blitar, YK (44), beberapa kali melakukan rudapaksa pada anaknya yang masih duduk di bangku kelas enam SD sehingga korban kini hamil. Tindakan kriminal tersebut dilakukan saat istri pelaku atau ibu korban tidak berada di rumah, lantaran bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri.

 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023