Polres Sukabumi menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi untuk bersama-sama memberantas peredaran minuman keras di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jabar.
 
"Pemberantasan miras (minuman keras) merupakan salah satu fokus kami untuk menekan angka kasus kejahatan atau kriminalitas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota," kata Kasat Narkoba Polres Sukabumi AKP Enjo Sutarjo di Sukabumi pada Jumat.
 
Menurut Enjo, pihaknya sengaja menggandeng Satpol PP Kabupaten Sukabumi dengan datang langsung untuk bertemu dengan personel dan pimpinan lembaga tersebut tujuannya membangun koordinasi yang kuat untuk bersama-sama memberantas peredaran minuman haram ini.
 
Baca juga: Tim Patroli Presisi gerebek rumah penjualan miras
Baca juga: Polres Sukabumi sita ribuan botol minuman keras ilegal
 
Pemberantasan miras ini juga merupakan salah satu atensi dari Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede, karena banyak kasus kriminal yang terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi disebabkan pelakunya terpengaruh miras.
 
Selain itu, kolaborasi antara Polres Sukabumi dengan Satpol PP ini juga untuk membangun pola pencegahan dan pemberantasan miras agar lebih efektif. Dan diharapkan mampu melindungi masyarakat jeratan dan dampak negatif mengkonsumsi miras.
 
"Koordinasi ini juga untuk menegakkan Perda Nomor 7 Tahun 2015 tentang Larangan Minuman Beralkohol agar ada efek jera terhadap pengedar dan penyalahgunaan miras," tambahnya.
 
Baca juga: Akhir pekan, polisi perketat peredaran miras cegah gangguan kamtibmas
 
Di samping itu, upaya memutus mata rantai peredaran dan penyalahgunaan miras ini, Polres Sukabumi gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, pelajar, mahasiswa dan lainnya tentang dampak buruk mengkonsumsi miras baik untuk kesehatan maupun keamanan.
 
Sementara, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Sukabumi Syarifudin Rahmat mengapresiasi komitmen Polres Sukabumi untuk memberantas peredaran miras. Pihaknya pun sudah membuat agenda bersama berupa operasi pemberantasan miras dan penyakit masyarakat lainnya.
 
Dengan koordinasi antar-lembaga penegak hukum, diharapkan berbagai bentuk penyakit masyarakat dan kasus kriminalitas di Kabupaten Sukabumi bisa ditekan agar tercipta kondisi yang aman dan nyaman.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023