Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan untuk mengendalikan inflasi perlu ada kolaborasi antar-pemerintah daerah di Jawa Barat.

"Kunci untuk mengendalikan inflasi adalah sinergi dan koordinasi antar-pemda dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat," katanya di Sukabumi,  Minggu

Menurut Ade, untuk mengendalikan inflasi yang paling utama adalah menstabilkan harga serta persediaan kebutuhan pokok yang mencukupi. Di mana setiap daerah memiliki kelebihan maupun kekurangan terkait bahan pangan.

Baca juga: Tekan inflasi, Polres Sukabumi Kota gelar pasar murah Ramadhan
Baca juga: Pemkab Sukabumi terus lakukan antisipasi meningkatnya inflasi

Dengan demikian, papar dia, untuk memenuhi kekurangan tersebut perlu dilakukan mekanisme distribusi yang cepat dan efisien sehingga terjalin simbiosis mutualisme atau sama-sama saling menguntungkan.

Selain itu, katanya, pemda diharuskan menyiapkan upaya pengendalian harga, melakukan pemeriksaan pasokan, persediaan bahan pokok di gudang penyimpanan, dan tidak kalah pentingnya memastikan transportasi di daerah maupun antar-daerah selalu lancar guna menjaga distribusi barang.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah dan Pemkab Sukabumi secara berkala melakukan pemantauan perkembangan harga sehingga dapat segera dilakukan antisipasi jika inflasi berpotensi naik.

Baca juga: Sekda sebut tingkat inflasi Kabupaten Sukabumi masih aman

Di sisi lain, Ade menambahkan sejak hari pertama Ramadhan hingga saat ini harga kebutuhan pokok di daerah ini masih stabil, persediaan mencukupi, dan pasokan lancar.

Namun demikian, papar dia, pihaknya tetap mewaspadai terjadinya lonjakan permintaan yang bisa memengaruhi harga kebutuhan pokok, khususnya menjelang perayaan Idul Fitri 1444 H.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023