Taman Safari Indonesia (TSI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengampanyekan Gerakan Cinta Beruang pada peringatan Hari Beruang Sedunia atau World Bear Day.

"Kita lakukan kampanye Gerakan Cinta Beruang dan mendekatkan pengunjung dengan satwa ini. Salah satunya adalah ikut memberi susu kepada beruang," kata Manager Marcomm Taman Safari Bogor Danang Wibowo dalam keterangan di Bogor, Sabtu.

Ia menjelaskan Taman Safari Bogor menjadikan Hari Beruang Sedunia yang diperingati setiap tanggal 23 Maret sebagai momentum untuk mendedikasikan penyelamatan dan perlindungan beruang.

Baca juga: TSI Bogor perkenalkan bayi beruang coklat baru

Pihaknya juga mengadakan sejumlah kegiatan yang dibalut dengan kuis dan undian berhadiah di Taman Safari Bogor mulai 17-19 Maret 2023.

"Gelaran Hari Beruang Sedunia dipusatkan di Baby Zoo Taman Safari Bogor. Salah satu kegiatan yang memancing antusiasme pengunjung adalah berinteraksi langsung dengan Beruang Cokelat," kata Danang.

Selain itu, Taman Safari juga menggelar "keeper talk" sebagai program edukasi untuk mengenal lebih dekat dengan satwa beruang.

Baca juga: Dua bayi beruang cokelat Taman Safari Bogor dapat imunisasi perdana

"Tidak hanya itu tapi pengunjung juga bisa melihat kegiatan nursery secara langsung bagaimana cara nurse merawat bayi beruang dan memberi susu," tuturnya.

Ddigelar juga berbagai perlombaan, antara lain lomba menghias kue dan lomba siaran langsung melalui media sosial Instagram dengan membuka sesi tanya jawab bersama para pengguna Instagram lainnya.

“Kita gelar kuis dengan pemenang pertama berkesempatan menyusui Beruang Cokelat dan mendapatkan dua tiket gratis masuk Taman Safari Bogor. Pokoknya seru karena kita libatkan langsung pengunjung,” ujar dia.

Baca juga: Taman Safari dan KLHK selenggarakan lomba foto dan video satwa 2022

General Manager Taman Safari Bogor Emeraldo Parengkuan mengatakan peringatan Hari Beruang Sedunia hajatan rutin dilaksanakan Taman Safari Bogor sebagai bentuk refleksi pentingnya menjaga dan menyayangi satwa beruang di dunia.

“Rata-rata pengunjung Taman Safari Bogor menyukai beruang jenis Panda Giant. Panda Giant dan Panda Merah kami tempatkan di Istana Panda. Saat ini, Istana Panda menjadi stage favorit pengunjung karena lokasinya yang sangat fenomenal yakni berada di antara Pegunungan Gunung Gede Pangrango. Sejuk, cantik dan bikin betah berlama-lama,” katanya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023