Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Kulonprogo, Yogyakarta pukul 19.05 WIB, Jumat.

BMKG di Jakarta, Jumat mencatat gempa berpusat di laut atau 126 kilometer barat daya Kulonprogo, Yogyakarta dengan kedalaman 10 km.

Gempa dirasakan di Kulonprogo, Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, Gunungkidul, Kebumen, Trengalek, Pacitan, Magelang dengan skala intensitas III MMI.

Baca juga: Gempa magnitudo 5,7 guncang Jember tidak berpotensi tsunami
Baca juga: Gempa magnitudo 5,1 guncang timur laut Melonguane pada Rabu dini hari
Baca juga: Gempa dangkal magnitudo 4,0 kejutkan warga Sukabumi

Kemarin Gempa bumi tektonik bermagnitudo 5,7 yang berpusat 302 kilometer Barat Daya di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Kamis pukul 12.22 WIB tidak berpotensi tsunami.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu memiliki parameter update dengan magnitudo 5,4," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Kamis.

Menurutnya, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 10,70 Lintang Selatan dan 113,26 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 281 km arah Barat Daya Jember, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas di zona outer rise," tuturnya.

Pewarta: Zubi Mahrofi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023