Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menggandeng petugas pelindung masyarakat (linmas) di Kota Sukabumi, Jabar untuk bersama-sama melaksanakan mitigasi bencana.

"Kami sengaja melibatkan petugas linmas dalam mitigasi bencana ini yang bertujuan untuk mempercepat penanganan maupun mengurangi dampak jika terjadi bencana," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami di Sukabumi pada Rabu.

Menurut Zulkarnain, peran linmas dalam hal mitigasi bencana sangat penting karena jika terjadi bencana petugas ini bisa menjadi orang yang pertama kali tiba di lokasi karena mereka tersebar di seluruh pelosok Kota Sukabumi.

Baca juga: BPBD: Kejadian bencana di Kota Sukabumi pada Februari 2023 alami lonjakan

Untuk menguatkan peran petugas linmas dalam mitigasi bencana ini, pihaknya pun memberikan pelatihan mulai dari praktek penyelamatan korban, pemetaan lokasi rawan hingga membantu dalam operasi tanggap darurat.

Selain itu, pelatihan mitigasi bencana untuk petugas linmas ini juga persiapan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di mana apabila terjadi bencana sedang berjalannya pemilu mereka bisa berperan bagaimana cara menyelamatkan logistik agar tidak rusak.

"Dampak bencana juga bisa mempengaruhi tahapan pemilu seperti rusaknya logistik seperti daftar pemilih, surat/kota suara serta infrastruktur pendukung. Kemudian bisa menghambat penyaluran logistik, maka dari itu dengan adanya pelatihan ini kami berharap petugas lintas bisa membantu dalam mengurangi dampak bencana," tambahnya.

Baca juga: Dua jam diguyur hujan deras sejumlah titik di Kota Sukabumi banjir dan longsor

Di sisi lain, Zulkarnain mengatakan Kota Sukabumi merupakan wilayah rawan bencana sehingga kejadiannya bisa terjadi kapan dan di mana saja bahkan tidak menutup kemungkinan saat pemungutan suara.

Petugas linmas pun tidak hanya sebatas membantu dalam penanganan bencana, tetapi juga haru mampu menjalin koordinasi dengan pemangku kepentingan seperti pemerintah.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023