Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana didata oleh petugas Panitia Pendaftaran dan Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) pada hari terakhir kegiatan pencocokan dan penelitian (pencoklitan) untuk pemilih Pemilu 2024. 

"Saya sengaja meminta agar paling akhir supaya masyarakat lebih didahulukan, mengingat, kendala dan dinamika yang dihadapi masyarakat adakalanya lebih kompleks dan bervariasi," kata Cellica di Karawang, Rabu. 

Tahapan coklit pemutakhiran data pemilih oleh Pantarlih telah digelar pada 12 Februari hingga 14 Maret 2023. 

Bupati didata oleh Pantarlih di rumah dinasnya, wilayah Kelurahan Karawang Wetan, pada Selasa malam (14/3). 

Pantarlih yang bernama Nadia melakukan coklit kepada Cellica Nurrachadiana, disaksikan Ketua KPU Karawang Miftah Farid dan jajarannya.

Selain itu, juga diawasi secara langsung Komisioner Bawaslu Karawang Engkus Kusnadi, Suryana Hadi Wijaya dan Ketua Bawaslu Karawang Kursin Kurniawan.

Sesuai dengan pencoklitan yang dilakukan Pantarlih, terdapat tiga orang pemilih yang tercantum dalam KK pemilih atas nama Cellica Nurrachadiana, dan akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu di TPS 44.

Bupati mengapresiasi kerja KPU Karawang dan Bawaslu Karawang yang telah bekerja sangat keras, guna memastikan pesta demokrasi berjalan dengan baik. 

"Semoga gelaran Pemilu 2024 bisa berjalan lancar, aman dan kondusif," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Karawang Miftah Farid menyebutkan bahwa kegiatan coklit ini telah dilakukan di seluruh Karawang. 

"Tugas Pantarlih ini ialah memutakhirkan data pemilih, dan memastikan pemilih yang terdaftar benar-benar sesuai dengan keterangan," kata dia.

KPU Karawang menurunkan 6.884 orang Pantarlih yang tersebar di 309 desa/kelurahan sekitar Karawang.

Di antara tugas Pantarlih ialah melakukan coklit terhadap daftar pemilih yang masuk dalam data penduduk potensial pemilih Pemilu (DP4).

KPU Karawang sebelumnya telah menerima DP4 Pemilu 2024 sebanyak 1.820.903 orang, dengan rincian laki-laki sebanyak 912.227 orang dan perempuan sebanyak 908.076 orang.

Baca juga: Bawaslu Karawang: Pelanggaran terjadi di setiap tahapan Pemilu

Baca juga: Bawaslu Karawang lakukan uji petik pencoklitan data pemilih Pemilu 2024

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023