Depok (Antara Megapolitan) - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa potensi konflik di masa yang akan datang adalah terkait perebutan energi hayati.

"Kekayaan yang dimiliki Indonesia tersebut berpotensi menjadi incaran kepentingan nasional negara-negara asing di masa depan," katanya ketika memberikan kuliah umum bertajuk "Memahami Ancaman, Menyadari Jati Diri sebagai Modal Membangun Menuju Indonesia Emas" di Universitas Indonesia (UI) Depok, Senin.

Dalam kuliah umumnya di hadapan ribuan mahasiswa, Panglima TNI Gatot menjelaskan Indonesia sebagai salah satu negara di wilayah ekuator memiliki potensi vegetasi sepanjang tahun dan dilimpahi kekayaan alam yang dapat dijadikan sebagai sumber energi, sumber pangan dan sumber air bersih.

Panglima mengingatkan para mahasiswa baru bahwa permasalahan, tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia pada tahun-tahun mendatang akan semakin banyak.

"Sebagai generasi penerus cita-cita bangsa Indonesia, gunakanlah waktu belajar seoptimal mungkin, bercita-citalah setinggi mungkin dan pahamilah beragam tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa sehingga ketika lulus telah memiliki kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan dan mencari solusi atas tantangan yang dihadapi bangsa," katanya.

Sementara itu Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan Bambang Wibawarta mengatakan KAMABA UI 2016 diikuti oleh ribuan mahasiswa baru UI tahun akademik 2016/2017 dari program Sarjana semua kelas (Reguler, Paralel dan Internasional) serta program Vokasi pada Senin (1/8) di Balairung UI kampus Depok.

Kegiatan Awal Mahasiswa Baru UI (KAMABA) 2016 merupakan fase awal untuk mengantarkan para mahasiswa mengawali kehidupan perkuliahan yang diharapkan dapat menjadi fondasi yang kokoh untuk pembangunan karakternya.

KAMABA UI 2016 akan memberikan pengarahan dan bimbingan untuk memahami dan beradaptasi dalam budaya akademis dan sistem belajar pendidikan tinggi guna kemandirian, pola pikir, pergaulan, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Bambang juga berharap para mahasiswa baru mampu lulus tepat waktu dan menjadi insan yang peduli dan berperan aktif menuntaskan permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dan masyarakat global.

KAMABA UI 2016 berlangsung sepanjang bulan Agustus 2016 dengan rangkaian kegiatan seperti Pengenalan Sistem Akademik Universitas dan Etika Akademik ; Latihan Paduan Suara untuk kegiatan wisuda UI ; Orientasi Belajar Mahasiswa ; Upacara Proklamasi Kemerdekaan ; Orientasi Kehidupan Kampus ; Program Cinta Kampus dan Penampilan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

Universitas Indonesia (UI) menggelar KAMABA UI merupakan kegiatan pembekalan, pengarahan dan bimbingan yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru UI.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016