Induk olahraga pencak silat, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mencari bibit pesilat unggul yang akan dilatih hingga mampu berprestasi mengharumkan nama daerah dan bangsa.

"Terbentuknya kepengurusan IPSI Kecamatan Tambun Utara ini diharapkan sejalan dengan visi misi pengurus yakni memunculkan bibit-bibit baru atlet pencak silat lokal," kata Camat Tambun Utara Najmuddin di Kabupaten Bekasi, Selasa.

Ia mengatakan bibit unggul pesilat muda diyakini mampu memberikan kontribusi besar bagi daerah bahkan Negara melalui pembinaan intensif dan terukur dari segenap jajaran pengurus dan pelatih.

Baca juga: Dua pesilat Bekasi tampil di ajang SEA Games Vietnam 2022
Baca juga: Pemkab Bekasi beri penghargaan dua atlet peraih medali SEA Pencak Silat

Najmudin mengaku banyak atlet pencak silat berpotensi di wilayahnya yang mampu meraih prestasi tinggi mengharumkan nama Kabupaten Bekasi sekaligus menegaskan bahwa Tambun Utara memang basis para jawara.

Salah satunya adalah Rahmawati yang sukses meraih medali emas pada kejuaraan Southeast Asia (SEA) Pencak Silat Championship 2022 yang digelar pada 25-27 Februari 2022 di Singapura.

"Rahmawati itu pesilat dari Tambun Utara yang berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Pencak Silat Asia Tenggara. Dia berlatih di sini untuk mengikuti kejuaraan tersebut," katanya.

Ketua IPSI Kabupaten Bekasi Imam Sutarto mengatakan dibentuknya kepengurusan IPSI Kecamatan Tambun Utara diharapkan bisa menjalin kerukunan antar perguruan pencak silat di wilayahnya.

Baca juga: Tim pencak silat Bekasi sabet juara umum kualifikasi Proprov Jabar 2022

"Karena diawali dengan kerukunan ini kemudian menjadi jalan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi karena akan lebih mudah dalam mewujudkan," katanya.

Para pesilat dari Tambun Utara juga diharapkan mampu menunjukkan kontribusi lebih dalam mengharumkan nama Kabupaten Bekasi di tingkat nasional maupun internasional.

"Tahun ini ada Porkab (Pekan Olahraga Kabupaten), tunjukkan kalau Tambun Utara memang gudangnya para pesilat," demikian Najmuddin.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023