Sejumlah personel kepolisian dari Satuan Samapta Polres Sukabumi, Provinsi Jawa Barat dikerahkan untuk mengevakuasi pohon berukuran besar yang tumbang dan menutup jalur alternatif Cikidang-Palabuhanratu tepatnya di Tanjakan Cisarakan, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Senin, (13/2).

"Tidak ada korban luka maupun jiwa pada kejadian ini, karena saat pohon jenis Kisireum tumbang atau sekitar pukul 19.20 WIB kondisi jalan tengah sepi atau tidak ada kendaraan yang melintas," kata Kasat Samapta Polres Sukabumi AKP Roni Haryanto di Sukabumi, Senin.

Informasi yang dihimpun dari pihak kepolisian, Pohon kisireum dengan diameter sekitar 50 cm dan tinggi 15 meter ini tiba-tiba tumbang yang diduga akibat tanah sudah terlalu labil akibat setiap hari diguyur hujan deras sehingga tercabut sampai akarnya.

Baca juga: Angin kencang akibatkan rumah dan pos polisi di Simpenan Sukabumi rusak
Baca juga: Petugas gabungan lakukan pemangkasan beberapa titik pohon jalan nasional di Palabuhanratu

Batang pohon yang tumbang itu melintang di tengah jalur alternatif Cikidang-Palabuhanratu atau tepatnya di Tanjakan Cisarakan, Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu.

Dampak dari kejadian ini jalur alternatif itu tidak bisa dilalui kendaraan baik dari arah Cikidang maupun Palabuhanratu, sehingga arus lalu lintas dialihkan sementara hingga evakuasi selesai.

Roni mengatakan hingga saat ini atau sekitar pukul 21.00 WIB personelnya masih berada di lokasi untuk mengatur arus lalu lintas dan mengevakuasi batang pohon yang masih menutup jalan. Namun untuk arus lalu lintas sudah berangsur normal.

Baca juga: Pohon berukuran besar tumbang tutup jalur wisata Palabuhanratu-Cisolok Sukabumi

"Kami mendapat laporan adanya pohon tumbang yang menutup Tanjakan Cisarakan dan saya langsung mengumpulkan personel sabhara untuk mengevakuasi pohon itu," tambahnya.

Di sisi lain, Roni mengimbau kepada masyarakat khususnya pengendara yang hendak melalui jalur alternatif Cikidang-Palabuhanratu untuk selalu waspada dan berhati-hati, karena selain kondisi jalannya banyak terdapat tanjakan curam dan turunan tajam serta menikung juga rawan terjadi pohon tumbang dan longsor.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023