Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengingatkan berbagai perusahaan di daerah itu senantiasa menekankan pentingnya penerapan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3) bagi perusahaan, khususnya para pekerja.

"Saya mendukung kegiatan workshop (lokakarya) seperti ini karena memang bagian dari tugas pemerintah daerah untuk bisa menjamin keselamatan dan kesehatan para pekerja yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi," katanya di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu.

Menurut dia, penguasaan wawasan serta keterampilan yang baik dalam menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja penting dimiliki setiap perusahaan untuk mengantisipasi risiko kecelakaan kerja.

Baca juga: Sambut HPSN, Pemkot Bekasi gelar Grebek K3 awal pekan depan

"Karena dengan kesiapan seperti itu, maka kecelakaan dan bencana bisa kita hindari serta mengurangi risiko terjadi bencana terhadap nyawa dan harta benda," katanya.

Dani menyatakan apabila seluruh perusahaan mampu berkolaborasi dalam penerapan prosedur K3, maka jutaan pekerja di wilayah itu akan merasa lebih aman dan nyaman melakukan aktivitas kerja.

"Kolaborasi seluruh perusahaan dibutuhkan karena dengan begitu akan memberikan dampak positif bagi para pekerja," ucapnya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Cikarang bagi-bagi APD COVID-19 peringati bulan K3

Ia mengatakan secara umum perusahaan di Kabupaten Bekasi sudah menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja dan sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk memastikan prosedur itu terus dijalankan.

"Dinas Ketenagakerjaan akan terus melakukan pengawasan dengan harapan semua perusahaan di Kabupaten Bekasi selalu menerapkan prosedur K3 untuk keselamatan pekerja," katanya.

Ketua Perhimpunan HRD Bekasi sekaligus Penasihat Paguyuban K3L Doan Herison mengatakan lokakarya itu untuk melakukan penyadaran akan pentingnya K3 di setiap perusahaan dalam rangka peningkatan produktivitas perusahaan dan pekerja.

"Semua sangat antusias dan mendukung kegiatan ini, seperti praktisi serta HRD perusahaan se-Kabupaten Bekasi," katanya.

Baca juga: Pemkot Bekasi Libatkan Swasta Garap Grebek K3

Dia berharap, dapat terus bersinergi dengan pemerintah daerah, salah satunya mengikuti kegiatan bulan kesiapsiagaan bencana yang akan digelar BPBD Kabupaten Bekasi pada April mendatang.

"Dari kawasan industri juga akan ikut serta pada kegiatan tersebut sehingga bisa sosialisasikan bahaya bencana di setiap perusahaan juga," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023