Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebutkan tiga kecamatan di daerahnya berkontribusi cukup besar dalam pencapaian produksi padi sepanjang Januari hingga Desember 2022.

"Ada tiga kecamatan yang berkontribusi besar pada panen 2022," kata bupati, di Karawang, Senin.

Tiga kecamatan yang berkontribusi besar dalam pencapaian produksi padi itu di antaranya Kecamatan Darangdan (12 persen), Kecamatan Pondoksalam (10 persen) dan Kecamatan Wanayasa (9 persen).

Sedangkan untuk yang terkecil ialah di Kecamatan Jatiluhur (2 persen).

Baca juga: Purwakarta tetapkan 16.240 hektare sawah masuk dalam LP2B
Baca juga: Pemkab Purwakarta dan DPRD sepakat lindungi areal pertanian dari ancaman alih fungsi lahan

Sesuai dengan data Dinas Pertanian dan Pangan Purwakarta, saat ini luas areal sawah baku di wilayah Purwakarta mencapai 18 ribu hektare.

Dari luas sawah tersebut, 10 ribu hektare merupakan sawah irigasi teknis dan 8.000 hektare lainnya sawah tadah hujan atau lahan kering.

Untuk rata-rata produktivitas padi di Purwakarta mencapai 66,8 kuintal gabah per hektare.

Untuk produktivitas padi terendah ialah 45,9 kuintal per hektare. Sedangkan produktivitas tertinggi 85,3 kuintal per hektare.

Baca juga: Purwakarta masih kekurangan tenaga penyuluh pertanian

Bupati mengatakan, persentase capaian produksi padi itu dilakukan untuk memaksimalkan tanaman lahan sawah dengan mekanisasi penyediaan air, tetapi juga melalui upaya untuk memanfaatkan lahan kering dan kebun.

Ia mendorong agar tanaman manggis, durian serta tanaman lainnya yang cocok dengan tanahnya dan alur distribusi serta penjualannya juga harus menjadi perhatian.

"Sistemnya perlu ditindaklanjuti, terutama beberapa daerah yang membutuhkan pupuk. Semoga produktifitas petani di Purwakarta terus meningkat," kata dia. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023