PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memperluas  layanan perbankan di berbagai daerah, salah satunya kerja sama melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman Pemanfaatan Fasilitas Jasa dan Layanan Perbankan dan Dukungan Program Smart City Pemerintah Kota Cilegon, Banten.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo Budiprabowo mengatakan, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pembentukan  Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD)  untuk mendorong percepatan implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dan meningkatkan transparansi transaksi dan tata kelola, serta mengintegrasikan sistem pengelolaan keuangan daerah, 
BNI berkomitmen memberikan solusi yang berintegrasi, teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari untuk Kota Cilegon.

"Tujuannya untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga," ujar Okki dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Sinergi antara BNI dan Pemkot Cilegon berfokus pada pengembangan ekosistem dan dukungan untuk program digitalisasi di Kota Cilegon.

BNI memberikan solusi bagi Pemkot Cilegon, antara lain menambah kanal pembayaran untuk penerimaan pajak daerah dan retribusi, penyediaan uang elektronik (BNI TapCash dan QRIS) bagi masyarakat dan pemerintah daerah, serta BNI Agen46 untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Terdapat enam konsep utama dalam Smart City, yaitu Smart People, Smart Governance, Smart Infrastructure, Smart Environment, Smart Economy, dan Smart Society.

BNI menyediakan layanan perbankan secara menyeluruh yang meliputi layanan dan jasa perbankan demi terwujudnya Smart City dan pemberdayaan dan peningkatan kapasitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menuju Go Global dengan program BNI Xpora.

Kerja sama BNI dan Pemkot Cilegon ditandatangani oleh Pemimpin Wilayah 14 BNI Faizal Arief Setiawan bersama Walikota Cilegon Helldy Agustian, disaksikan Deputi Direktur Informasi, Dokumentasi & Edukasi Perlindungan Konsumen OJK F.A. Purnama Jaya di Cilegon, Kamis (26/1).

Baca juga: Tiga product champion BNI sambut tahun kelinci

Baca juga: BNI luncurkan tim bola voli Jakarta BNI46 dukung kemajuan olahraga Indonesia
 

Pewarta: Citro Atmoko

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023