Kang Emil alias Ridwan Kamil punya jabatan baru di partai, Gubernur Jawa Barat itu tak lagi sekadar kepala daerah, tetapi juga menjabat Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) partai berlambang Pohon Beringin.

Atas jabatan barunya itu, Kang Emil dalam jumpa pers di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu malam,  mengatakan bahwa dia tidak meminta jabatan itu melainkan dipercayakan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk mengemban posisi elite partai.

"Pak Airlangga berbaik hati menempatkan saya di posisi Wakil Ketua Umum di (bidang) Penggalangan Pemilih dan co-chair Bappilu, Badan Pemenangan Pemilu," katanya.

Ia menyampaikan alasan bergabung menjadi kader Partai Golkar karena menurut dia Partai Golkar merupakan partai tengah.

"Partai Golkar itu sangat kuat sebagai simbol partai tengah, partai yang Pancasilais, partai yang terbuka, sehingga ini yang menjadi sebuah minat saya," ujarnya
 
Selain itu karena sejarah panjang Partai Golkar yang menunjukkan sebagai institusi yang sangat terhormat.

Alasan berikutnya, lanjut dia, lantaran hubungan komunikasi baik yang terjalin antara dirinya dengan Airlangga Hartarto yang dinilainya hubungan politik yang tidak melulu matematis melainkan bisa pula humanis.

Ia mengaku sering berdiskusi urusan ekonomi, dalam kapasitas beliau di kabinet, juga hal-hal personal.

"Waktu saya kena musibah, beliau hadir lebih dari sekali, menyampaikan simpati. Bagi saya, itu kemanusiawian, kehumanisan Pak Airlangga. Itu sangat saya apresiasi," ujarnya mengenang musibah yang menimpa keluarganya saat anaknya, Emmeril Khan Mumtadz tenggelam dan meninggal dunia di Sungai Aare di Swiss, Mei 2022.
 
Berdasarkan sejarahnya, ia pun menilai Partai Golkar sebagai partai yang selalu fokus dan konsisten melakukan pembangunan sampai dengan hari ini.
 
"Jadi saya per hari ini, sudah berjaket kuning, sudah ber-KTA (kartu tanda anggota)," ucapnya.
 
Pertemuan Kang Emil dan Airlangga di DPP Partai Golkar, juga dihadiri antara lain oleh Lodewijk Freidrich Paulus, Wakil Ketua Umum Nurul Arifin dan Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily.

Baca juga: Kang Emil umumkan masuk Partai Golkar

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023