Kementerian Pertahanan Jepang, Senin,menyampaikan bahwa negaranya bersama India, memulai latihan jet tempur bersama pertama di angkasa dekat Tokyo dalam memperkuat hubungan pertahanan guna menghadapi kekuatan militer China yang semakin meningkat di Indo-Pasifik.

Empat jet F-2 dan F-15 dari Angkatan Udara Jepang bergabung ke dalam latihan tempur udara selama 11 hari di sekitar Pangkalan Udara Hyakuri di Prefektur Ibaraki, timur laut dari Tokyo.

Dari Angkatan Udara India, empat jet tempur SU-30MKI, dua pesawat angkut C-17, dan sebuah tanker pengisian bahan bakar udara IL-78 berpartisipasi.

Selain dengan India, Jepang juga telah mengadakan latihan bilateral dengan Amerika Serikat, Australia, Inggris dan Jerman.

Pasukan darat dan laut Jepang dan India telah mengadakan latihan bersama terlebih dahulu.

Jepang dan India membentuk kerangka pertahanan empat arah, yang dikenal sebagai the Quad dan juga melibatkan AS serta Australia.

Hubungan antara Jepang dan China telah memburuk karena beberapa isu, seperti klaim China terhadap beberapa pulau kecil yang dikendalikan Jepang di Laut China Timur.

Hubungan India dengan China juga masih tegang, terutama sejak bentrokan bersenjata pada Juni 2020 di sebuah daerah perbatasan Himalaya.
 

Pewarta: Fadhli Ruhman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023