Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meskipun meningkatkan status Gunung Dieng menjadi waspada,destinasi wisata itu tetap aman dikunjungi wisatawan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, memastikan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng masih aman dikunjungi.

"Hanya Kawah Sileri yang ditutup sementara," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyanto saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu.

PVMBG merekomendasikan agar tidak ada aktivitas dalam radius 1.000 meter dari tempat itu.

Sementara Kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang, masih aman untuk dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya jauh dari Kawah Sileri.

BPBD Kabupaten Banjarnegara terus berkoordinasi dengan PVMBG khususnya Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng terkait dengan peningkatan aktivitas Kawah Sileri. Gempa di Dieng terjadi sejak 9 Januari dan terakhir pada hari Sabtu (14/1), pukul 18.12 WIB, dengan magnitudo 1,9.

Titik gempa di antara Kawah Sileri dan Kawah Timbang, lokasinya diperkirakan di daerah Lagetan. PVMBG masih melakukan analisis terhadap Kawah Timbang hingga tiga atau lima hari ke depan. Kawah Timbang bukan merupakan destinasi wisata karena berada di lahan pertanian milik warga.
 

Pewarta: Sumarwoto

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023