Paguyuban usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Bogor, Jawa Barat berkolaborasi, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat menyalurkan bantuan alat produksi bagi 47 anggota terpilih dari Bank Indonesia agar dapat meningkatkan jumlah produk yang dipasarkan, memperluas jangkauan pemasaran dan mampu berkolaborasi dengan mitra.

Ketua paguyuban UMKM Kota Bogor Kushermayanti saat diwawancarai usai pembagian bantuan alat produksi UMKM di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Minggu, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan dukungan terhadap anggota untuk menjadi UMKM naik kelas dan mampu mempresentasikan usahanya di depan dewan.

Pembagian dihadiri Ketua DPRD Atang Trisnanto dan didukung oleh anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Mucharam.

Baca juga: Memahami dan menumbuhkan ekonomi kreatif

"Dengan dewan, pemerintahan dan mitra seperti restoran dan lain-lain, kita bangun. Ini kami dapat bantuan alat dari Bank Indonesia melalui dana aspirasi DPR RI," katanya.

Yanti sapaan akrabnya menyebutkan bantuan alat-alat produksi UMKM dari Bank Indonesia itu sebanyak 82 alat berupa alat-alat masak, mesin jahit dan pendingin Frozen Food untuk 47 pelaku UMKM.

Mereka yang mendapatkan bantuan adalah pelaku UMKM yang mampu membuat produk secara konsisten dan mandiri. Puluhan pelaku UMKM itu terpilih dari 300 anggota hasil kurasi.

Baca juga: Pemkot Bogor kerja sama dengan minimarket pasarkan 10 produk UMKM lokal

Dia pun menyampaikan bahwa dukungan pemerintah, dewan dan mitra lainnya tidak serta-merta membuat Paguyuban UMKM menjadi ladang pengajuan bantuan modal, melainkan lebih kepada meningkatkan kapasitas pengusaha kecil dalam memperluas jangkauan usahanya.

Paguyuban berperan untuk menjadi wadah para pengusaha UMKM untuk berbagi pengalaman, jaringan pemasaran dan dapat bermitra dengan pemerintah, dewan maupun jaringan usaha-usaha lain.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto mendukung kegiatan Payuguban UMKM Kota Bogor yang mampu memberi peluang anggotanya bersinergi dan mampu memberi aspirasi dewan.

Baca juga: Pemerintah Kota Bogor fasilitasi produk UMKM untuk ekspor

Bantuan alat yang diberikan Bank Indonesia diharapkan dapat meningkatkan UMKM Kota Bogor yang terus bersemangat memproduksi berbagai produk ekonomi kreatif.

"Semoga UMKM Kota Bogor semakin berkembang dengan mampu berkolaborasi berbagai mitra," ujarnya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023