Wakil Bupati Sukabumi, Jawa Barat, Iyos Somantri mengatakan kegiatan Festival Durian Lokal Unggulan Sukabumi yang digelar di Lapang Canghegar, Kecamatan Palabuhanratu, pada Sabtu bisa menarik tingkat kunjungan wisatawan.

"Ternyata festival ini mampu menyedot kedatangan ribuan masyarakat, bahkan wisatawan serta pecinta durian dari berbagai daerah juga rela datang untuk mengikuti acara tahunan tersebut," katanya di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Iyos, dengan adanya kegiatan tentunya bisa menjadi "magnet" untuk mendatangkan wisatawan.

Baca juga: Durian Cikakak dikenalkan sebagai ikon buah unggulan kabupaten Sukabumi

Festival Durian Lokal Sukabumi merupakan agenda tahunan yang digelar Pemkab Sukabumi, namun acara ini sempat tidak dilaksanakan beberapa tahun ke belakang akibat pandemi COVID-19.

Tujuan dari digelarnya festival tersebut sebagai ajang promosi mengenalkan dunia pariwisata serta komoditi buah unggulan lokal Kabupaten Sukabumi. Dengan tingginya antusiasme warga dan wisatawan yang datang untuk mengikuti acara ini tidak menutup kemungkinan kegiatan itu digelar tidak hanya satu tahun sekali tetapi bisa dua kali atau lebih.

Dengan adanya Festival Durian Lokal Unggulan Sukabumi mampu menciptakan simbiosis mutualisme di dunia pariwisata, sebab tidak hanya mendongkrak pendapatan para petani durian di Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: Sake durian khas Sukabumi yang langka
Baca juga: Durian dijadikan ikon Kabupaten Sukabumi

Tetapi bisa menambah pendapatan para pelaku UMKM serta pengelola objek wisata dengan ada datangnya pengunjung atau wisatawan dari berbagai daerah, sehingga perekonomian daerah ikut terdongkrak dan tentunya pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata juga terdongkrak.

Di sisi lain, Pemkab Sukabumi terus berupaya meningkatkan potensi dan kualitas komoditi durian unggulan ini ke kancah nasional bahkan hingga internasional, karena durian ini kualitas rasa, tekstur daging dan biji tidak kalah dari durian jenis yang lebih dahulu terkenal. Bahkan pihaknya berani membandingkan rasa durian lokal lainnya dengan durian dari daerah atau negara lain.

"Potensi ini harus terus dikembangkan tentunya untuk mendongkrak perekonomian daerah khususnya para petani durian dan warga yang memanfaatkan durian ini untuk dijadikan usaha atau mata pencaharian," tambahnya.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023