Bogor (Antara Megapolitan) - BMKG Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor Jawa Barat mengimbau para pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk mewaspadai potensi hujan yang turun pada sore hingga malam hari.

"Siang dan sore hari umumnya cuaca di wilayah Bogor berpeluang hujan ringan," kata Kepala Stasiun Klimatologi Dramaga Dedi Nurcahyono kepada Antara di Bogor, Selasa.

Dedi mengatakan secara umum prakiraan cuaca di wilayah Jawa Barat dan Bogor khususnya berawan, hujan ringan berpotensi terjadi sore hingga malam hari.

Suhu udara di wilayah Jawa Barat berkisar antara 23 hingga 34 derajad Celcius, dengan kelembaban udara 57 sampai 94 persen. Sedangkan angin pada umumnya bertiup dari arah Tenggara dengan kecepatan 10 sampai 25 kilometer per jam.

"Berdasarkan pantauan citra satelit pukul 13.30 WIB sebagian besar wilayah Jawa Barat umumnya cerah-berawan, berpotensi hujan ringan sore hari yang berpeluang terjadi di Bogor, Depok, Bandung, Sukabmi, Cianjr, Garut dan Tasikmalaya," katanya.

Menurut Dedi, para pemudik harus mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang yang berpeluang terjadi pukul 15.30 WIB di wilayah Kota Bogor.

"BMKG Pusat telah mengeluarkan peringatan dini akan ada hujan lebat disertai angin dan petir yang terjadi sore ini, wilayah Kota Bogor masuk salah satu yang berpeluang terjadi hujan," katanya.

Kondisi tersebut diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 18.30 WIB dan meluas ke wilayah Bubulak, Baranangsiang, Batarjati, Ciomas, Tajur Halang, Atang Sanjaya, Gunung Puteri, Pabuaran, Sudimara, Karang Timur, Pondok Aren, Kelapa Indah, Pondok Jagung, Tanggerang Selatan, Curug dan sekitarnya.

Dedi mengatakan hujan pada sore hari masih berpeluang terjadi selama satu pekan mendatang mulai dari tanggal 6 hingga 10 Juli dengan intensitas ringan sampai sedang.

"Umumnya hujan berpotensi terjadi dari sore sampai malam," katanya.

Ia menambahkan pada bulan Juli di wilayah Bogor pertumbuhan awan hujan terjadi akibat pemanasan yang kuat pada siang hari sehingga potensi hujan pada umumnya terjadi sore hingga malam hari.

Sementara itu, wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor menjadi lintasan alternatif pemudik sepeda motor dari Jakarta yang ingin mudik ke wilayah Selatan dan Barat.

Mereka melintasi Jl Pajajaran, menuju Puncak. Untuk pemudik wilayah Barat melintas Jl Sholeh Iskandar, Bubulak, Dramaga, hingga Leuwiliang tembus menuju Serang dan Pandenglang di Provinsi Banten.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016