Posyandu Sari Mawar 2 di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi sukses menjadi yang terbaik dalam ajang perlombaan Posyandu Award se-Provinsi Jawa Barat tahun 2022 untuk kategori kabupaten.

"Alhamdulillah Posyandu Sari Mawar yang mewakili Kabupaten Bekasi berhasil menjadi juara pertama di perlombaan tersebut, sesuai target kami," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi sedari awal memang sudah bertekad untuk mengunci gelar juara dalam ajang Lomba Posyandu tingkat provinsi ini.

Baca juga: Posyandu Harapan Jaya III di Bojongmangu Bekasi masuk nominasi terbaik Jabar

"Pemerintah daerah menunjang persiapan baik sarana maupun prasarana semaksimal mungkin demi mewujudkan target juara," katanya.

Dedy mengaku peluang menjadi juara sudah terbuka saat proses seleksi administrasi. Posyandu Sari Mawar 2 Cibitung kala itu mendapatkan nilai tertinggi, mengungguli posyandu perwakilan daerah lain.

"Itu juga salah satu faktor yang membuat kami semakin bersemangat hingga akhirnya pada saat recheking kita mampu mempertahankan nilai tertinggi," katanya.

Baca juga: Fakultas Ilmu Keperawatan UI terapkan Posyandu berbasis TI

Di ajang tersebut Posyandu Sari Mawar 2 Cibitung, Kabupaten Bekasi berhasil menjadi yang terbaik setelah mengumpulkan nilai tertinggi yakni 90,58 berdasarkan penetapan pemenang oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat.

Penetapan pemenang itu dituangkan melalui surat keputusan nomor 3683/PMD.03.03/KPPM tentang Pengumuman Hasil Lomba Posyandu dan Posyandu Award Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

Kabupaten Bekasi mengungguli Kabupaten Ciamis di peringkat kedua, disusul Kabupaten Bandung di peringat ketiga. Sementara peringkat keempat diraih Kabupaten Bandung Barat dan peringkat kelima Kabupaten Kuningan.

Baca juga: Desa Sukmajaya wakil Bogor lomba Posyandu Jabar

Camat Cibitung Encun Sunarto mengatakan prestasi yang diraih Posyandu Sari Mawar 2 tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Bekasi yang berkolaborasi dengan semua unsur terlibat.

"Tentunya ini berkat dukungan semua pihak, baik pemerintah daerah, pemerintah kecamatan dan kelurahan, kader Posyandu dan masyarakat. Dengan berbagai inovasi dan program unggulan, Posyandu Sari Mawar 2 berhasil membuktikan mampu menjadi yang terbaik di Jawa Barat," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022