Karawang (Antara Megapolitan) - Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengimbau agar para pedagang di pasar tradisional tidak seenaknya menaikkan harga kebutuhan pokok.

"Kenaikan harga kebutuhan pokok ini karena banyak permintaan, tetapi kami minta penjual tidak menaikkan harga seenaknya," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi setempat Hanafi, di Karawang, Minggu.

Ia mengatakan, stok sejumlah kebutuhan pokok dari distributor atau pun pengepul saat ini cukup aman. Bahkan hingga lebaran stok kebutuhan pokok akan tetap aman.

Meski stok kebutuhan pokok itu mencukupi, tetapi tetap terjadi kenaikan harga. Itu terjadi karena permintaan yang mengalami peningkatan.

Dari pantauan di sejumlah pasar Karawang, harga daging sapi masih bertahan Rp110-120 ribu perkilogram, daging ayam Rp 37 ribu per kilogram, gula pasir Rp 16 ribu per kilogram, dan bawang merah Rp 34 ribu per kilogram.

Hanafi mengaku pihaknya tidak bisa berbuat banyak terkait masih tingginya harga kebutuhan pokok di sejumlahpasar tradisional.

Untuk saat ini, Hanafi menyatakan pihaknya hanya bisa melakukan pemantauan stok pada distributor atau pengepul dalam memenuhi kebutuhan warga Karawang.

Tetapi untuk memastikan penambahan stok, itu dibawah kendali dari pemerintah pusat.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016