Puluhan Polres Sukabumi Kota dikerahkan untuk mengamankan kejuaraan futsal tingkat pelajar SMP dan SMA se-Sukabumi Raya yang digelar di Lapang Suryakencana, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Minggu. 
 
"Kami menurunkan 45 personel untuk mengawal Liga Futsal Sukabumi tingkat pelajar ini untuk menjaga kondusifitas dan antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan," kata Kepala Pengamanan Liga Futsal Sukabumi AKP Iman Retno. 
 
Menurut Iman, pengamanan kejuaraan futsal yang digelar hingga 19 November 2022 dilakukan secara terbuka dan tertutup.

Setiap suporter yang hendak menyaksikan atau mendukung tim kebanggaannya diimbau untuk tidak membawa barang-barang berbahaya. 
 
Pengamanan tidak hanya difokuskan di sekitar Lapang Suryakencana saja, tetapi di jalur menuju lapangan. Personel yang ditugaskan untuk pengamanan diperintahkan untuk memantau berbagai aktivitas baik di dalam lokasi, luar maupun sekitar lokasi pertandingan.
 
Langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan saat pelaksanaan kegiatan olah raga tingkat pelajar SMP dan SMA yang diikuti oleh pelajar dari wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi. 

"Hingga saat ini kondisi keamanan di dalam dan luar lokasi kejuaraan kondusif, tim futsal, pelajar dan suporter yang hadir pun tertib," kata perwira polisi yang menjabat Plh Kapolsek Warudoyong ini.

Ia mengimbau suporter ikut menjaga keamanan dan tidak terprovokasi oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk mengacaukan situasi.
 
 
Iman mengatakan pengamanan yang dilakukan Polres Sukabumi Kota tidak hanya di dalam dan sekitar lokasi pertandingan futsal antar-pelajar se-Sukabumi, tetapi melakukan patroli antisipasi terjadinya tawuran pelajar. 
 
ia memprediksi puncak kegiatan ini saat memasuki babak semifinal dan final, diperkirakan pelajar yang datang untuk menyaksikan pertandingan atau mendukung tim futsal dari sekolahnya akan meningkat drastis. 
 
Maka dari itu, pengamanan akan lebih diperketat, sebab tidak menutup kemungkinan akan terjadi gesekan antar-pelajar yang bisa berujung kepada kejadian tidak diinginkan seperti tawuran. 
 
Ia pun sudah menginstruksikan kepada personelnya untuk menindak tegas kepada siapapun yang mengganggu keamanan seperti melakukan provokasi ataupun aksi yang bisa merugikan orang lain. 

Pelaksanaan pengamanan ini pun dibantu pihak keamanan lainnya seperti dari unsur TNI, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Sukabumi. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022