Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jabar, mengusulkan ke pemerintah pusat agar puluhan ribu warga yang masuk kategori miskin di daerah tersebut mendapatkan bantuan set top box (STB) untuk saluran televisi digital. 

"Kami telah mengusulkan agar sebanyak 48 ribu warga yang berkategori miskin di Purwakarta dapat bantuan STB. Usulan itu telah disampaikan ke pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta Rudi Hartono, di Purwakarta, Kamis. 

Ia menyampaikan, pada saat rapat koordinasi pemberian bantuan STB di komplek perkantoran Pemkab Purwakarta hari ini telah diusulkan sebanyak 48.000 rumah tangga miskin (RTM) mendapatkan bantuan set top box dari pemerintah pusat.

Menurut dia, saat ini data RTM bakal penerima STB yang berasal dari Disdukcapil dalam proses verifikasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat.

Selanjutnya data yang sudah selesai diverifikasi harus dibuatkan surat keputusan tentang pembagian STB yang nantinya ditetapkan oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

"Proses pendataannya paling lambat harus selesai Desember 2022. Setelah data di kirim ke Kemenkominfo, kita tinggal menunggu jadwal pendistribusian dari pusat atau melalui Kantor Pos," kata Rudi.

Dikatakannya, pada tahapan analog switch off (ASO), Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan piranti STB untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang berkategori tidak mampu.

"Dengan bantuan STB gratis itu, masyarakat yang memiliki televisi analog tidak perlu mengganti televisi baru. Cukup memasang piranti agar masyarakat tetap menikmati siaran televisi digital," kata dia. 

Penyediaan STB itu merupakan salah satu upaya mendukung migrasi dari televisi analog ke televisi digital pada 2022 ini.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022