Bogor (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menggelar Pesta Rakyat dalam rangka Hari Jadi ke-534 Bogor (HJB) yang akan menyuguhkan puluhan jenis kuliner makanan dan minuman khas Negeri Sunda.

"Pesta Rakyat akan dilaksanakan Jumat (3/6), setelah Rapat Paripurna Istimewa HJB, dilanjutkan dengan Pesta Rakyat di Plaza Balai Kota," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor, Shahlan Rasyidin di Bogor, Kamis.

Shahlan mengatakan, Wali Kota Bogor mengundang secara khusus warganya untuk menghadiri acara Pesta Rakyat yang akan menjadi pesta besar bagi warga Kota Bogor dengan makan dan minum bersama.

"Akan ada 27 jenis makanan dan minuman. Tersedia 43 stand yang menyediakan hidangan gratis untuk masyarakat," katanya.

Untuk bisa menikmati hidangan dalam Pesta Rakyat tersebut, warga cukup datang dan membawa KTP untuk bisa masuk. Warga akan mendapatkan kupon untuk bisa mencicipi satu makanan dan minuman.

Menurut Shahlan, Pesta Rakyat tahun ini kembali dilaksanakan sesuai permintaan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang menginginkan kemeriahan HJB dapat dinikmati seluruh warga Kota Bogor.

Pelaksanaan Pesta Rakyat, lanjutnya, mendapat dukungan dari program pertanggungjawaban sejumlah swasta yang melibatkan 11 BUMN, empat BUMD, 11 hotel, lima pengelola hotel, satu asosiasi dan lainya.

"Total ada 35 swasta yang terlibat mendukung kegiatan ini," katanya.

Ia mengatakan, tema Pesta Rakyat tahun ini berubah dari tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun lalu sejumlah instansi menyumbang puluhan tumpeng yang menjadi rebutan warga. Kini diubah agar lebih tertib dan teratur.

"Konsep sekarang tidak hanya membebankan dinas dan kelurahan tetapi melibatkan swasta. Selain itu, warga bisa datang dan menikmati hidangan bersama wali kota dan pejabat pemerintahan," katanya.

Adapun jenis makanan dan minuman yang tersaji dalam Pesta Rakyat tersebut di antaranya Laksa, Tekwan, Es doger, seblak, es durian. toge goreng, baso, dan beragam jenis kuliner khas Bogor lainnya.

"Tersedia 8.000 persi yang akan dibagikan ke masyarakat, silahkan hadiri Pesta Rakyat yang akan dilaksanakan setelah Rapat Paripurna Istimewa HJB tanggal 3 Juni besok," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016