Karawang (Antara Megapolitan) - Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan kegiatan Sensus Ekonomi 2016 sudah mencapai 99 persen dan masuk tahap akhir.

"Ribuan petugas lapangan Sensus Ekonomi sudah melakukan tugasnya selama 1-31 Mei," kata Ketua Badan Pusat Statistik setempat Annazri, di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan, sesuai dengan jadwal atau tahapan Sensus Ekonomi, kegiatan survei di lapangan berakhir hingga 31 Mei 2016. Tidak ada perpanjangan waktu untuk kegiatan sensus tersebut.

Tetapi mulai 1-15 Juni akan dilakukan verifikasi ulang. Itu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan masih ada masyarakat atau kalangan pengusaha maupun pedagang yang belum melengkapi data Sensus Ekonomi.

Kegiatan verifikasi ulang dalam kegiatan Sensus Ekonomi itu juga dilakukan untuk memberi kesempatan petugas lapangan dalam melakukan sensus di titik atau blok yang belum didata.

"Tahapan kegiatan sensus ini masih panjang. Masih harus melalui tahapan berikutnya," kata dia.

Ia megatakan, setelah dilakukan verifikasi ulang sambil dilakukan pengumpulan data, baru akan dilakukan pengolahan data.

Rencananya, pengolahan data Sensus Ekonomi tersebut akan dilakukan pada Juli 2016.

Hasil Sensus Ekonomi dinilai cukup penting. Bahkan hasilnya sudah dinanti-nantikan, karena akan menjadi kebijakan pembangunan.

Selain itu, hasil Sensus Ekonomi juga akan menjadi potret daya saing bisnis serta menjadi dasar perencanaan pembangunan secara nasional dan daerah.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016