Purwakarta (Antara Megapolitan) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mendukung pemerintah daerah setempat yang berencana membentuk Kampung Keluarga Berencana di 17 kecamatan sekitar Purwakarta.

Ketua Tim Penggerak PKK setempat Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Senin, mengatakan, pada prinsipnya Keluarga Berencana (KB) bukan hanya menekankan tentang pentingnya alat kontrasepsi.

Tetapi sesuai dengan namanya, KB erat kaitannya dengan perencanaan menyeluruh dalam sebuah keluarga dalam aspek kesehatan, kesejahteraan, kebersihan, kenyamanan dan pendidikan.

"Selama ini masyarakat selalu didorong pada pemahaman bahwa KB hanya berkaitan dengan pengaturan kelahiran anak. Padahal banyak sekali aspek yang harus diperhatikan," kata dia.

Kampung KB yang dimaksud Anne itu sendiri akan menyediakan fasilitas alat kontrasepsi gratis, pendampingan perencanaan kesehatan dan kesejahteran keluarga.

Selain itu, juga berkaitan dengan konsultasi lain yang dianggap perlu dalam rangka menuju keluarga yang sejahtera.

Sebagai permulaan, Pemkab Purwakarta akan membentuk Kampung KB di Desa Pesanggrahan, Tegalwaru, Purwakarta. Selanjutnya, pembentukan KB itu akan dilakukan di kampung lain.

Anne menyatakan, pembentukan Kampung KB itu bagian dari upaya memperdalam serapan program Keluarga Berencana di lingkungan Pemkab Purwakarta.
(Adv).

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016