Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Jawa Barat, Gandara Budiana mengimbau kepada warga untuk menyiapkan langkah-langkah mitigasi bencana.

"Warga agar melakukan upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana," kata Gandara di Depok, Selasa.

Gandara juga meminta masyarakat untuk tetap kewaspadai potensi bencana alam, terlebih, saat ini sudah memasuki musim penghujan yang disertai angin.

Menurut Gandara, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh warga sebagai langkah mitigasi. Seperti, rajin gotong royong untuk membersihkan saluran air ataupun sungai terdekat. 

"Lakukan pemeriksaan rumah, baik yang terkait dengan instalasi listrik, air maupun sampah. Perbaiki jika ada yang rusak dan membahayakan," katanya.

Selanjutnya, ujar Gandara, segera melapor kepada ketua lingkungan jika ditemukan indikasi bencana, baik banjir, tanah longsor maupun puting beliung. 

Selain itu, katanya, selalu melakukan pemantauan perkembangan dan informasi cuaca setiap harinya. Agar bisa merencanakan dan mengambil tindakan pencegahan jika terjadi bencana.

"Jika membutuhkan pertolongan bisa menghubungi Nomor Tinggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 karena personel Damkar akan bersiaga selama 24 untuk memberikan bantuan," kata Gandara.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022