Penceramah Habib Amri Azmatkhan mengingatkan bahwa Peringatan Maulid menjadi momentum bagi umat Muslim dalam meneladani akhlak mulia Rasulullah Muhammad SAW.

"Maulid sendiri menjadi sarana memperkenalkan nabi kepada anak-anak kita. Meneladani nabi," ujarnya saat memberikan tausiyah pada peringatan Maulid Nabi di Masjid Al Amin Perumahan Bojong Depok Baru (BDB) II, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu malam.

Menurut dia, hal utama yang dapat diteladani dari Nabi Muhammad yaitu sifat tawadhu atau rendah hati. Sifat tawadhu merupakan akar dari akhlak mulia yang diajarkan Rasulullah.

Ia kemudian memberikan contoh kecil sifat tawadhu Nabi Muhammad, yakni selalu melabeli pengikutnya dengan sebutan "sahabat" sekali pun itu muridnya.

"Selalu menganggap orang lain lebih baik dari pada kita. Kemudian, nabi tidak pernah menyelonjorkan kaki di hadapan para sahabat," kata Habib Amri.

Baca juga: Peringati Maulid Nabi, Masjid UI Depok berbagi kasih dengan 1.081 anak yatim

Ia berharap, dengan meneladani akhlak Rasulullah melalui Maulid Nabi, umat Islam akan lebih mantap dalam beribadah dan menjalani segala sunnah Nabi Muhammad.

"Jadi maulid bukan semata-mata kumpul-kumpul. Uang yang kita kumpulkan, waktu yang kita luangkan jangan sampai tidak ada nilainya," tuturnya.
 
Peserta peringatan Maulid Nabi di Masjid Al Amin Perumahan BDB II, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/10/2022). (ANTARA/M Fikri Setiawan)


Sementara, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Amin Perumahan BDB II, Riyu Rindani Riandini menyebutkan bahwa pihaknya berupaya melanjutkan tradisi Maulid Nabi yang sudah dijalankan oleh para ulama-ulama terdahulu di negeri ini.

Terlebih, menurut dia, Peringatan Maulid Nabi sempat vakum dari kegiatan yang melibatkan orang banyak. Kali ini DKM Al Amin kembali menyemarakkan maulid dengan rangkaian kegiatan keagamaan.

Baca juga: UI gelar syiar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Makara Art Center

"Kami DKM Al Amin menghidupkan kembali acara maulid setelah pandemi. Alhamdulilah pandemi sudah mereda kita angkat lagi acara maulid ini," ujarnya.

Riyu menerangkan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan DKM Al Amin pada peringatan Maulid Nabi kali ini yaitu lomba Tilawatil Quran, lomba Hadist Quran, dan lomba mewarnai bagi warga komplek BDB II.

"Kemudian kegiatan rebana, ceramah,  dan ramah tamah. Harapannya agar masyarakat khususnya warga kami lebih bisa melaksanakan ahklak yang diajarkan oleh Nabi Muhammad," kata Riyu.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022