Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kabupaten Bogor, menargetkan membawa pulang tujuh medali emas dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat pada November 2022.

"Persiapan secara matang telah kami lakukan sejak Juli 2022 lalu mulai dari pembinaan, pelatihan hingga implementasi di lapangan melalui berbagai kegiatan perlombaan," ungkap Ketua Percasi Kabupaten Bogor, Ajat Rohmat Jatnika di Cibinong, Bogor, Jumat.

Menurutnya, untuk merealisasikan target tersebut, Percasi Kabupaten Bogor telah menggelar pemusatan latihan (TC) di Taman Pancakarsa, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Pengurus cabang Percasi Kabupaten Bogor masa bakti 2021-2025 resmi dilantik

Ia menyebutkan bahwa sebelumnya Percasi Kabupaten Bogor juga mengikuti kejuaraan daerah untuk mengasah mental serta membaca peta lawan yang akan turun dalam Porprov XIV Jawa Barat nanti.

Ajat mengatakan, pada 8-9 Oktober 2022, Percasi Kabupaten Bogor juga akan melakukan Try Out (TO) di Kabupaten Pangandaran, dilanjutkan karantina para atlet selama tiga hari di kawasan Puncak, Bogor.

"Dalam TO itu, kini akan tanding dengan atlet catur dari Ciamis dan Banjar. Terus kita karantina sekitar 3 hari di Puncak, untuk meningkatkan teknik, kekompakan dan kepercayaan diri," kata Ajat.

Baca juga: Pecatur Arfan Aditya pimpin klasemen Ha Noi IM Chess Tournament 2022

Bagi Ajat, target tujuh medali emas terbilang realistis untuk dipersembahkan bagi Kontingen Kabupaten Bogor dalam Porprov Jabar 2022, terlebih jika melihat komposisi atlet yang akan diturunkan.

Cabang Olahraga Catur dari Kontingen Kabupaten Bogor menerjunkan 14 atlet, terdiri dari tujuh atlet putri dan tujuh atlet putra.

"Kami optimis target tujuh medali emas akan tercapai, karena selain kita punya atlet catur internasional yaitu Irene Kharisma Sukandar, juga ada Diajeng Theresa Singgih dan Arief Abdul Hafidz, serta di dukung oleh pelatih-pelatih internasional," ujarnya.

Baca juga: Tim catur cepat putra raih perunggu SEA Games Vietnam

Dirinya juga berharap Percasi tidak hanya dapat berprestasi di kegiatan Porprov XIV Jabar tahun 2022 juga dapat berprestasi dalam berbagai event, serta semakin eksis dan populer di kalangan masyarakat luas.

"Harapan saya, tiga tahun ke depan Percasi Kabupaten Bogor bisa mencetak atlet-atlet terbaik, berprestasi untuk menjadi juara Kabupaten Bogor," tutur Ajat.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022