Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berupaya membangkitkan perekonomian daerah setempat melalui ajang lomba lari 11 kilometer bertajuk "Bogor Challenge 11K" yang akan digelar pada 11 September 2022.

"Peserta yang ikut tidak dipungut biaya. Namun, harus melampirkan bukti menginap pada salah satu hotel di Kabupaten Bogor. Kegiatan ini harus berdampak pada perekonomian," ungkap Kepala Dispora Kabupaten Bogor, Asnan di Cibinong, Bogor, Kamis.

Ia memperkirakan, dari total 2.000 peserta yang sudah mendaftar, 1.500 di antaranya merupakan warga luar Bogor, sehingga dipastikan memesan tiket menginap di hotel wilayah Kabupaten Bogor.

Asnan mengutarakan harapannya agar pemesanan tiket hotel para peserta itu dapat menggairahkan perekonomian Kabupaten Bogor di masa pemulihan ekonomi imbas pandemi COVID-19.

Selain itu, panitia juga menyiapkan sejumlah gerai yang dapat digunakan para pelaku UMKM, agar dapat ikut berjualan di lokasi start dan finish lomba lari ini.

Kata Asnan, lomba lari ini murni menggunakan APBD Kabupaten Bogor tahun 2022. Meski peserta tidak dipungut biaya, hadiah yang disiapkan pun cukup fantastis, mencapai Rp365 juta.

"Jadi untuk pemenang ada dua kategori. Yaitu kategori usia 17-35 tahun dan 35 tahun ke atas. Mudah-mudahan ini sukses dan tahun depan kita bisa selenggarakan event serupa tapi dengan beda olahraga," kata Asnan.

Penyelenggaraan ajang "Bogor Challenge 11K" ini memiliki rute start di Stadion Pakansari menuju ke Tugu Pancakarsa dan finish di Stadion Pakansari. "Itu sudah kami hitung jarak totalnya 11 kilometer," ujarnya.

Baca juga: Dispora Bogor targetkan kegiatan "Bogor Challenge 11K 2022" dikuti 2.000 peserta
Baca juga: Lomba lari "Bogor Challenge 2022" jadi harapan pulihkan ekonomi

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022