Depok (Antara Megapolitan) - Universitas Indonesia (UI), selaku penggagas UI GreenMetric pemeringkat kampus terhijau pertama di dunia menggelar lokakarya internasional bertajuk "Fostering Sustainable Culture in Global Universities" dengan para rektor di seluruh dunia.

"Lokakarya ini menghadirkan puluhan pimpinan perguruan tinggi se-dunia untuk mendiskusikan kampus dan budaya hijau di negaranya masing-masing," kata Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, di Depok, Kamis.

Ia menjelaskan, sebanyak dua puluh pimpinan perguruan tinggi dari sejumlah negara seperti Kanada, Irlandia, Saudi Arabia, Indonesia, Iran, Spanyol, Malaysia, Austria, Brazilia, Jepang, Thailand, Taiwan, Yordania, Hungaria, Turki, dan Meksiko berpartisipasi.

Sejumlah narasumber lokakarya di antaranya Dr Roseann Runte (Presiden Carleton University Canada); Dr Khalil Jamshidi (Presiden University Zanjan Iran); Prof Mohammed Mustafa Ishak (Rektor Universiti Utama Malaysia).

Selanjutnya Mr Mark Poland (Direktur Fasilitas University College Cork Irlandia), Dr Musaad Almosaind (Wakil Rektor Princes Nourah University, Saudi Arabia), Prof Joni Permana (Rektor ITS), dan Prof Fathur Rokhman (Rektor UNNES).

Sementara itu, Ketua Tim Pemeringkatan universitas sedunia UI GreenMetric, Riri Fitri Sari mengharapkan lokakarya internasional ini mampu membangkitkan semangat dan budaya global untuk membangun dunia baru yang memperhatikan keberlanjutan kehidupan di planet bumi.

Sedangkan hasil peringkat terbaru kampus terhijau versi UI GreenMetric 2015, UI berada pada peringkat 33 dengan skor 6,157.00.

Selain UI, beberapa kampus dari Indonesia yang juga masuk dalam pemeringkatan UI GreenMetric adalah Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berada pada peringkat 36 dengan total skor 6,130.00, serta Universitas Diponegoro (Undip) dengan skor 5,989.00.

Keseluruhan kampus yang ikut serta, University of Nottingham berhasil menempati posisi teratas dengan skor 7,267.00. Kemudian diikuti University of Connecticut dengan total skor 7,156.00 di peringkat kedua, dan pada peringkat ketiga diraih oleh University of California, dengan skor 7,134.00.

Rektor UI, Muhammad Anis mengatakan, UI Green Metric ini dilaksanakan dengan tujuan universitas di dunia tidak hanya tertarik untuk bersaing dalam bidang akademik, namun tertarik juga untuk berkompetisi dalam hal kepedulian terhadap lingkungan hidup.

UI GreenMetric merupakan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Dalam UI GreenMetric 2015 ini terdapat 407 perguran tinggi dari 65 negara yang turut berpartisipasi.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016