Sukabumi (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat pada 2017 mendatang, mewajibkan seluruh sekolah berstatus negeri tingkat SMA sederajat melaksanakan Ujian Negara Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2017.

"Dari 12 sekolah tingkat SMA sederajat yang melaksanakan UNBK 2016 hanya setengahnya saja atau enam sekolah," kata Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz di Sukabumi, Minggu.

Adapun SMA negeri yang telah melaksanakan UNBK saat ini antara lain SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK Negeri 3, dan MA Negeri 2. Sekolah tersebut sudah memenuhi standar layak pelaksanaan, khususnya dalam penyediaan fasilitas komputer untuk ujian.

Maka dari itu, Muraz meminta kepada Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi agar seluruh sekolah negeri pada 2017 sudah memiliki fasilitas komputer yang memadai agar dapat menyelenggarakan UNBK diantaranya dengan memberikan bantuan perangkat komputer kepada seluruh sekolah negeri.

Namun, untuk sekolah swasta pemerintah tidak bisa memaksa harus menyelenggarakan UNBK. Tetapi, penyelenggaraan UNBK yang dilaksanakan sekolah swasta sudah sangat baik serta dapat memberikan poin yang positif untuk kemajuan pendidikan Kota Sukabumi.

"Pelaksanaan UNBK 2016 dapat memberikan kesan yang sangat positif bagi seluruh sekolah yang dapat menyelenggarakannya. Bahkan tidak sedikit sekolah yang merasa yakin atas pelaksanaan UNBK ini dapat dilaksanakan setiap tahun walaupun masih ada kendala," tambah Muraz.

Sementara, Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi, Dudi Fathul Jawad mengatakan pelaksanaan UNBK dan UN PBT (Ujian Nasional Paper Based Test) 2016 di Kota Sukabumi pada umumnya berjalan dengan baik dan lancar.

Karena sebelum dilaksanakan UNBK dan UN PBT ini pihaknya sudah melakukan berkoordinasi dengan seluruh instansi dan lembaga terkait, seperti PLN sebagai perusahaan penyedia aliran listrik dan provider Telkomsel sebagai penyedia jaringan serta Polres Sukabumi Kota dan Sat Pol PP Kota Sukabumi untuk pengamanan pelaksanaan UNBK dan UN PBT ini.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016