Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengumumkan pemenang Lomba Kampung Tangguh Jaya 2022 berdasarkan hasil penghitungan tim penilai dengan memperhatikan lima indikator penilaian.

"Indikator penilaian meliputi aspek kesehatan, keamanan dan ketertiban, ekonomi dan ketahanan pangan, lingkungan hidup, serta penanggulangan bencana," kata Tri Adhianto di Bekasi, Selasa.

Juara pertama diraih RW 14 Kelurahan Jakasetia Kecamatan Bekasi Selatan dan berhak mendapatkan piala dan penghargaan serta bantuan fasilitas berupa satu unit ambulans, tiga gerobak motor (baktor) serta empat kamera pengawas.

Baca juga: Kampung Tangguh Jaya di Bekasi dapat pembinaan kendalikan penularan COVID-19

Kemudian lima alat komunikasi HT, satu unit tenda bencana darurat, dua unit perahu karet, satu unit pengeras suara, satu paket instalasi hidroponik, dua genset, lima velbed, serta tiga mesin pemotong rumput.

Peringkat kedua RW 12 Kelurahan Jatirasa Kecamatan Jatiasih berhak atas piala dan piagam penghargaan serta satu mobil bak, dua baktor, dua CCTV, empat HT, satu tenda darurat, soundsystem, instalasi hidroponik, perahu karet, genset, lima velbed, dan dua mesin pemotong rumput.

Posisi ketiga ditempati RW 12 Kelurahan Jatimelati Kecamatan Pondok Melati dengan hadiah piala dan piagam penghargaan serta dua unit baktor, lima HT, lima velbed, dua mesin potong rumput, CCTV, tenda darurat, soundsystem, hidroponik, perahu karet, serta genset.

Baca juga: Satgas COVID-19 Bekasi bidik orang tua asuh membangun Kampung Tangguh Jaya

Selain itu ada pula juara harapan satu hingga tiga yang masing-masing diraih oleh RW 10 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medan Satria, RW 04 Kelurahan Jatiranggon, Kecamatan Jatisampurna, serta RW 09 Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantargebang.

"Peraih juara harapan juga mendapatkan sejumlah paket hadiah, bahkan bagi enam RW peserta lain yang tidak masuk enam besar juga kami berikan hadiah partisipasi sebagai bentuk penghargaan," ucapnya.

Tri mengapresiasi kegiatan penilaian Lomba Kampung Tangguh Jaya 2022 yang telah menghasilkan juara terbaik dari total 12 kecamatan hasil perwakilan juara tingkat masing-masing kecamatan sebelumnya.

"Selamat untuk para juara, semoga menjadi manfaat bersama karena hadiahnya dilarikan lagi untuk fasilitas warga. Bagi yang belum juara jangan berkecil hati karena sudah mampu menjadi yang terbaik di tingkat kecamatan dan selalu berusaha lagi untuk meningkatkan pelayanan kepada warga," ucapnya.

Baca juga: Bekasi gelar lomba kampung bersih sambut hari jadi ke-72

Kabag Tata Pemerintahan Kota Bekasi Lia Erliani mengatakan penilaian lomba dilakukan tim gabungan yang terdiri atas unsur Polres Metro Bekasi Kota, Kodim 0507, Dinkes, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, DP3A, Dinsos, Dinkop UKM, Dinas LH, Disperkimtan, Satpol PP dan BPBD.

"Proses penilaian relatif panjang, mulai dari penyaringan tingkat kelurahan, kemudian naik ke level kecamatan, dan masing-masing pemenang di level kecamatan kembali dinilai untuk tingkat Kota Bekasi," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022