Bupati Sukabumi  Marwan Hamami  mengajak  paguyuban usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berkolaborasi dengan badan usaha baik dengan badan usaha milik daerah, nasional maupun swasta.

"Kolaborasi ini agar pelaku UMKM terbantu baik dari segi permodalan, promosi hingga pemasaran agar cakupan penjualannya semakin luas hingga tingkat nasional bahkan internasional," kata Marwan di sela mengahadiri kegiatan Hari Nasional (Harnas) UMKM tingkat Kabupaten Sukabumi 2022 di GOR Pemuda Cisaat, Senin.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini, kunci sukses agar pelaku UMKM terus berkembang ada pada promosi dan pemasaran atau penjualan. Maka dari itu, dengan adanya kerja sama antara paguyuban UMKM dengan BUMD, BUMN maupun badan usaha swasta bisa menjawab kebutuhan para pelaku UMKM baik dari segi pembinaan hingga edukasi.

Selain itu, katanya, penting bagi para pelaku UMKM harus selalu berinovasi dan berkreasi agar bisa memenuhi keinginan pasar, seperti memperbaiki kemasan produk dan olahan, karena konsumen pertama kali akan melihat terlebih dahulu kualitas kemasan.

"Kemasan menjadi salah satu kunci untuk menarik minat konsumen. Jadi harus banyak inovasi produk dimulai dari kemasan yang sangat bagus kemudian citra rasa yang mudah diterima oleh berbagai kalangan," katanya.

Marwan mengatakan UMKM merupakan salah satu pilar utama perekonomian nasional, apalagi, UMKM sudah terbukti kuat dan bertahan di berbagai situasi gejolak ekonomi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022