Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat memfasilitasi enam tokoh lintas agama untuk menggelar doa bersama pada momen HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) dalam menjaga persatuan di masyarakat.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang menghadiri doa bersama tersebut di Tugu Kujang, Rabu, mengatakan pemerintahannya akan selalu bersama para tokoh agama dalam mengawal moral masyarakatnya.

"Pemerintah Kota, bersama para penjaga moral. Pemerintah kota, bersama para penjaga nilai. Semoga Allah menjaga silaturahmi dan kebersamaan kita. Merdeka," kata Bima.

Baca juga: Bima Arya sampaikan tujuh poin pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor

Doa bersama yang digelar pukul 9.00 WIB itu diwakili enam pemuka agama yang berbeda dari mulai perwakilan umat Islam Habib Hasan Alatas, Katolik Romo Mikael Endro Susanto, dan Protestan Pendeta Tri Susanto.

Kemudian ada perwakilan Budha Romo Cunda Jugiarta Supanda dari Vihara Dhanagun, Konguchu Jugo Sheng Andry Harsono, dan perwakilan umat Hindu Jaro Mangku I Made Sutem.

Bima Arya menyampaikan, leluhur bangsa Indonesia adalah orang-orang yang saling mencintai, bukan saling melukai. Orang-orang yang punya tradisi saling mendorong dan saling menolong.

Beradadi jantung Kota Bogor yakni di Tuju Kujang, Bima Arya mengajak semua unsur masyarakat dapat bersama-sama, bersimpuh, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk dibersihkan hati, jujur kepada tuhan dan kepada diri sendiri serta diluruskan niat bagi kota tercinta Bogor

Baca juga: Pidato Bima Arya menggelegar di Lapangan Sempur Bogor

"Darah kita, adalah darah pejuang bukan pecundang. DNA kita adalah DNA yang merangkul, bukan memukul," ujar Bima.

Salah satu tokoh agama Hindu Jaro Mangku I Made Sutem mengungkapkan setelah lebih dari 30 tahun hidup di Kota Bogor merasa selalu hidup rukun dan sudah tertata dengan baik.

Menurutnya, kota yang majemuk atau beragam tentu mempunyai paham dan sudut pandang berbeda. Namun hal itu tidak menjadi halangan untuk hidup rukun bersama.

"Jika masih ada paham-paham atau cara berpikir berbeda itu wajar saja, akan tetapi kita menjaga agar terkendali. Sehingga suasana-suasana damai itu ada," kata I Made Sutem.

Baca juga: Wali Kota Bogor sepakat Indonesia tidak terjebak politik identitas pada Pemilu 2024

Sementara itu Ketua Umum Festival Merah Putih (FMP), Irwan S Wijaya mengungkapkan, doa bersama lintas agama dari tahun ke tahun berhasil mendatangkan warga dengan sukarela menyaksikan para pemuka agama berdoa untuk bangsa, untuk Kota Bogor.

FMP sedikitnya telah mengundang 10.000 partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan yang digelar sepanjang Bulan Agustus 2022 dengan berbagai kegiatan.

"Karena ini kita lakukan oleh kita untuk kita dan Bogor untuk Indonesia. Harapan kami, dengan doa lintas agama ini kita berdoa, kita bersatu kembali menjadi kekuatan agar Indonesia bangkit," katanya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022