Bekasi, 2/7 (ANTARA) - Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia Cabang Bekasi, Jawa Barat, menggelar kegiatan sosial operasi katarak gratis bagi 60 pasien di Rumah Sakit St. Elisabeth Bekasi, Minggu.

"Operasi katarak tersebut bertujuan mengurangi angka kebutaan yang disebabkan oleh katarak yang hingga kini jumlahnya di Kota Bekasi mencapai 0,78 persen dari jumlah penduduknya," kata Ketua Perdami Cabang Bekasi, Sri Sutarsih Lukman.

Menurut dia, para pasien yang berasal dari kalangan tidak mampu itu sebelumnya sudah mendaftarkan diri di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota dan Kabupaten Bekasi.

Sebelum melakukan operasi, kata dia, ada beberapa tahapan yang harus dikerjakan oleh tim dokter, di antaranya melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk memastikan kondisi pasien siap dioperasi.

Dia menjelaskan, Perdami Cabang Bekasi berdiri sejak April 2011 dan memiliki 25 personil dokter mata, dan saat ini masih bekerja sama dengan Perdami Jaya.

"Operasi katarak ini merupakan yang kedua semenjak Perdami berdiri. Sebelumnya sempat mengadakan acara yang sama pada Desember 2011 di Rumah Sakit Global Awal Bross Bekasi," katanya.

Pihaknya berharap agar setiap tahun dapat mengadakan kegiatan operasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak misalnya, perusahaan swasta, dan media," ujarnya.

Sri menambahkan, kegiatan yang disponsori oleh PT Sidomuncul itu diharapkan dapat berlangsung secara berkala setiap tahunnya di wilayah setempat.

"Kami juga sangat mengharapkan dukungan dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi guna membantu kaum lemah," demikian Sri.


Andi F

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012