Bogor (Antara Megapolitan) - Dinas Pendidikan Kota Bogor, Jawa Barat, mencatat sebanyak 9.486 pelajar SMA sederajat di kota tersebut mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 4-7 April mendatang.

"Tahun ini jumlah peserta UNBK meningkat dari tahun sebelumnya yakni sebanyak 9.486 pelajar," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Kota Bogor, Jana Sugiana, Kamis.

Menurut Jana, 9.486 pelajar peserta UNBK tersebut berasal dari 28 SMA sederajat di Kota Bogor. Mereka terdiri atas, 4.099 pelajar SMA, 3.999 pelajar SMK dan 388 pelajar MA.

"Total ada 28 sekolah yang menjalankan UNBK terdiri atas 15 SMA, 12 SMK dan satu MA," katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan UNBK SMA berlangsung selama enam hari yakni 4 hingga 7 April dan 11 hingga 12 April. Berbeda dengan pelaksanaan UNBK tingkat SMK dimulai 4 sampai 7 April mendatang.

"Pelaksanana akan dibagi dalam tiga sesi," katanya.

Untuk UNBK susulan SMK, lanjut dia, akan dilaksanakan pada 13 hingga 14 April, dan ujian susulan untuk SMA/MA dilaksanakan 18 hingga 20 April mendatang.

Jana mengatakan, selain UNBK, beberapa sekolah juga melaksanakan ujian berbasis tes tertulis atau paper based test (UN PBT). Tercatat sebanyak 26 SMA, 78 SMK, dan sembilan MA. Dengan jumlah total siswa sebanyak 10.740 orang.

"Ujian Paket C juga dilakukan berbasis tes tertulis, diikuti sebanyak 1.363 orang peserta," katanya.

Menurutnya, pada ujian nasional nanti ada empat mata pelajaran yang akan diujikan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan IPS. Sedangkan untuk MA ada tambahan mata pelajaran yakni Fiqih, Hadist dan Tafsir.

"Untuk SMK, selain tiga pelajar pokok tadi ada pelajar matematika dan uji teori kopetensi," katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fakhrudin mengatakan, tercatat jumlah total peserta UN 2016 sebanyak 20.592 orang. Mereka terbagi dua pelaksanana ujian UNBK dan UN PBT.

"Untuk pelaksanaan UNBK sudah siap, baik sarana dan prasaran termasuk SDM nya," kata dia.

Terkait lokasi penyimpanan soal ujian nasional, lanjut dia, ada tiga sekolah yang ditunjuk sebagai titik bongkar dan penyimpanan soal UN yakni untuk soal ujian SMA disimpan di SMA Kesatuan, soal UN SMK di SMK Negeri 1, dan untuk soal UN MA disimpan di MAN 1 Kota Bogor.

"Soal ujian dijadwalkan sampai Jumat besok," kata Fakhrudin.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016