Depok, 1/7 (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) mendukung kegiatan bakti sosial Komunitas pelestari sejarah Kota Depok yang tergabung dalam Depok Heritage Community (DHC) dengan membersihkan sampah-sampah yang berada hutan kota UI.

"Hutan Kota bukan hanya sebagai milik UI semata tetapi sebagai aset nasional khususnya aset bagi warga Depok yang harus dijaga dan dilestarikan," kata Humas Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Adi Putranto, di Depok, Minggu.

Penggiat sepeda di UI tersebut mengatakan dengan bakti sosial membersihkan jalan setapak jalur sepeda dari sampah warga yang membuang di hutan kota tersebut berarti ikut serta melestarikan hutan tersebut.

Adi berharap kegiatan tersebut menjadi pendorong untuk komunitas atau warga yang lainnya dapat melakukan hal yang sama, karena masalah sampah di hutan kota harus dijaga dan diawasi bersama jangan sampai mengganggu keasrian dan kebersihan hutan kota tersebut.

Menurut dia hutan kota UI diberi nama Mahkota Hijau sebagai miniatur hutan tropis Indonesia. Kawasan hijau ini merupakan wilayah konservasi resapan air daerah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Keberadaan pepohonan hutan kota UI sendiri menjadi simbolisasi dari sifat Kebhinekaan Tunggal Ika, mewakili berbagai jenis pepohonan dari wilayah waktu bagian barat hingga wilayah waktu bagian timur di Indonesia," katanya.

Komunitas pelestari sejarah Kota Depok yang tergabung dalam Depok Heritage Community (DHC) menggelar acara bakti sosial di hutan kota Universitas Indonesia (UI).

"Bakti sosial Save Hutan UI merupakan upaya DHC agar hutan di kawasan kampus UI tetap menjadi hutan kota yang selalu rapi dan asri," ujarnya.

Ia mengatakan dengan bakti sosial tersebut, diharapkan hutan di kawasan UI tetap menjadi daerah resapan dan tidak ada yang menyalahgunakan fungsinya.

"Kami merapihkan jalan setapak yang ada di hutan UI yang saat ini sudah tertutup pohon-pohon, sehingga bisa digunakan kembali. Selain itu membersihkan berbagai sampah yang berserakan di hutan tersebut," jelasnya.

Ratu berharap warga menyadari fungsi dari hutan itu sendiri dan juga membiasakan gaya hidup sehat, sehingga tidak lagi sembarangan merusak atau menyalahgunakan fungsi hutan.

Dikatakannya ada berbagai rangkaian acara lainnya yang akan digelar DHC yang akan berlangsung dari 5 Juli hingga 9 September 2012 nanti.

Acara yang juga akan didukung Onthel Setoe Babakan (Oseba) ini diantaranya adalah Pameran Foto "Kota Depok Dulu dan Sekarang", Lomba Foto Sejarah Kota Depok.

Selanjutnya Buka Puasa Bersama Komunitas dan Media, Bakti Sosial, Mudik Bareng, Halal bihalal, Seminar dan Talkshow, Roadshow "Sosialisasi Sejarah Kota Depok", Wisata Kota Tua Depok dan puncak acara bersama Komunitas Sepeda Onthel yang akan berlangsung pada tangal 8- 9 September 2012.

Feru Lantara

Foto: Salman P

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012