Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menargetkan 54.281 orang bayi dan bayi lima tahun (balita) mendapatkan imunisasi campak-rubella selama pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Agustus 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno usai meninjau pelaksanaan BIAN kepada 76 bayi di Posyandu Wijaya Kusuma Kelurahan Kedung Jaya Puskesmas Kedung Badak
Kecamatan Tanah Sareal, Kamis mengatakan dalam mendukung pelaksanaan imuninasi telah dilakukan sosialisasi program ini ke tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan serta lintas sektor.

"Kami telah melakukan pendataan sasaran, melakukan sosialisasi dan pelatihan Aplikasi Sehat Indonesia-Ku (ASIK), sosialisasi dan publikasi di Kota Bogor," katanya.

Baca juga: Imunisasi Campak-Rubella Sasar 100 Anak Jalanan

Retno menyebutkan sasaran imunisasi campak-rubella sebanyak 54.281 bayi dan balita serta sasaran imunisasi kejar bagi anak yang terlewat imunisasi sesuai tahapannya, terdapat 27.227 bayi dan balita.

Agar mencapai target sasaran, kata dia, selain sosialisasi, koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat juga telah dalam persiapan pelaksanaan dan pemenuhan logistik bahan habis pakai (BHP) seperti vaksin.

Retno menjelaskan Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah pelaksanaan program imunisasi yang diperuntukkan bagi sasaran anak di Indonesia baik bayi dan balita sampai usia 59 bulan.

Baca juga: Imunisasi Campak-Rubella Di Bogor Sasar Anak Jalanan

Rangkaian kegiatan meliputi pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela dan imunisasi kejar untuk melengkapi status imunisasi balita. Target sasaran kampanye Campak-Rubela adalah bayi dan balita usia 9-59 bulan tanpa melihat status imunisasi Campak-Rubela sebelumnya.

Sementara, target sasaran imunisasi kejar adalah bayi dan balita usia 12-59 bulan untuk melengkapi status imunisasi yang terlewat atau belum lengkap.

Pemerintah Kota Bogor akan mengevaluasi capaian target sasaran imuninasi campak-rubella pada akhir Agustus 2022. Bagi bayi dan balita yang belum juga mendapatkan imunisasi akan didatangi petugas ke rumahnya atau lingkungannya.

Baca juga: 257.276 Anak Bogor Ditargetkan Imunisasi Campak-Rubella

"Bagi sasaran BIAN yang belum imunisasi, akan ada sweeping di bulan September 2022," ujarnya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022