Karawang (Antara Megapolitan) - Aparat kepolisian dari Satlantas Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menilang ribuan pengendara "nakal" dalam kegiatan Operasi Simpatik Lodaya 2016 yang berlangsung selama sekitar tiga pekan terakhir.

Kasatlantas Polres setempat AKP Rendy Setiya, di Karawang, Selasa, mengatakan, selama 21 hari menggelar Opaerasi Simpatik Lodaya 2016, pihaknya telah menindak 3.010 pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil nakal atau yang melanggar.

"Mereka ada yang ditilang dan ada pula yang hanya ditegur, karena melakukan pelanggaran lalu lintas," katanya.

Ia menyatakan, sebagian besar pengendara atau pengemudi lebih banyak yang melanggar. Sedangkan yang tertib lalu lintas hanya sedikit.

Untuk pengendara tertib berlalulintas yang terjaring dalam Operasi Simpatik Lodaya tersebut hanya ada 904 pengendara motor pengemudi mobil.

Kasatlantas mengatakan, jenis pelanggaran yang ditemukan di lapangan itu didominasi pelanggaran tidak menggunakan helm.

Jenis pelanggaran lainnya, pengendara tidak melengkapi surat-surat, seperti SIM dan STNK. Selain itu, ada pula pengendara yang melanggar rambu-rambu lalu lintas.

Selama kegiatan Operasi Simpatik Lodaya 2016, polisi juga memberikan hadiah kepada pengendara motor dan pengemudi mobil yang tertib lalu lintas.

Ia berpesan agar masyarakat Karawang lebih tertib berlalu lintas. Sebab saat ini Satlantas Polres Karawang telah menetapkan kawasan tertib lalu lintas.

Kawasan tersebut ialah sepanjang jalan raya Ahmad Yani, mulai dari Bundaran Mega Mal sampai dengan pertigaan RMK Bypass.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016