Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) Prof Dr Chandra Wijaya mengatakan para mahasiswa perlu meningkatkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan zaman.

"Para mahasiswa perlu meningkatkan kompetensi baik 'soft skills' maupun 'hard skills' agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman," kata Chandra Wijaya di Kampus UI Depok, Kamis.

Untuk itu, pihaknya menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) Malang, Jawa Timur, untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan lulusan.

Baca juga: Rektor UI ajak mahasiswa Timor Leste lakukan penelitian bersama
Baca juga: Fakultas Teknik UI dapat bantuan sembilan "smart classroom" dari para mitra

Selain itu, Prof Chandra juga mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan program "experiential learning" yang dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensi sesuai dengan "passion" dan bakatnya.

"Ada juga beberapa tujuan lainnya seperti mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keterampilan melalui 'experiental learning' yang berguna untuk memasuki dunia kerja dan pengembangan karakter," katanya.

Selain itu, kata dia, juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menentukan mata kuliah di luar program studi secara terarah; serta yang tidak kalah pentingnya, membangun persahabatan mahasiswa antardaerah, suku, budaya, dan agama sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga: UI terima 5.299 mahasiswa baru dari jalur SIMAK 2022

Adapun kerja sama yang dijalin salah satunya adalah pada penyelenggaraan kegiatan mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Pada program ini, mahasiswa akan diikutsertakan dalam penyelenggaraan mata kuliah pilihan yang dilaksanakan baik secara luring maupun daring selama pandemi yang telah disepakati oleh kedua pihak," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dekan FIA UI: Mahasiswa tingkatkan kompetensi sesuai kebutuhan zaman

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022