Pakar kesehatan, Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si mengatakan Hari Anak Nasional (HAN) merupakan momentum yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

"HAN momentum yang tepat untuk mengingatkan semua pihak terkait untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak," katanya ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Seluruh pihak yang dimaksud, kata dia, meliputi keluarga, lingkungan masyarakat, tenaga kesehatan, pendidik dan pihak lainnya untuk bersama-sama mengoptimalkan tumbuh kembang anak, khususnya selama pandemi dan nantinya pascapandemi COVID-19.

"Ada empat pilar yang perlu diperhatikan terkait tumbuh kembang anak, pertama adalah nutrisi, stimulasi, proteksi dan evaluasi," katanya.

Baca juga: Pemkot Bogor: anak-anak rentan terpapar Covid-19
Baca juga: Forum Anak Kota Depok gelar lomba Ekspansi dalam rangka peringati HAN
Baca juga: KKP bagikan 1,2 ton ikan ke sejumlah kota dalam rangka Hari Anak Nasional

Guru besar ilmu kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu mengatakan bahwa pilar yang pertama adalah orang tua perlu memperhatikan nutrisi pada 1.000 hari pertama kehidupan anak.

"Hal ini penting untuk menyusun struktur otak dan organ lain seperti mata, telinga, otak, otot, tulang, juga sistem kekebalan tubuh anak," katanya.

Dokter Spesialis Anak tersebut menambahkan, pilar kedua adalah orang tua perlu memberikan anak stimulasi guna mengaktifkan fungsi-fungsi otak dan organ lainnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pakar: HAN momentum mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Pewarta: Wuryanti Puspitasari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022