Purwakarta (Antara Megapolitan) - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tertarik dengan konsep pembangunan daerah berkarakter yang telah digulirkan Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi.

"Saya melihat dalam pembangunan di Purwakarta ada upaya penguatan kembali kearifan lokal," kata Surya Paloh saat berkunjung ke kantor bupati, di Purwakarta, Kamis.

Ia mengatakan, secara sepintas bisa dilihat kalau Pemkab Purwakarta mengedepankan karakter lokal dalam membangun daerah. Itu bisa dilihat dari banyaknya pembangunan yang berlandaskan adat istiadat Sunda.

"Penguatan kembali kearifan lokal, adat istiadat dan lain-lain, itu sejalan dengan misi NasDem, restorasi," katanya.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, Pemkab Purwakarta sebenarnya memiliki APBD terkecil di Jawa Barat, tetapi mampu menciptakan inovasi pembangunan.

Bahkan di bidang pendidikan, Purwakarta telah memiliki sekolah ideologi. Sekolah ideologi itu dibentuk agar anak-anak di Purwakarta memiliki pemahaman ideologi yang kuat.

Dedi juga menyebutkan kalau pelajar di Purwakarta dibolehkan tidur siang di sekolahnya, karena kebijakan pemkab, masuk sekolah lebih pagi dari biasanya.

Setelah selesai berdialog di Bale Nagri Pemkab Purwakarta, Surya Paloh langsung didaulat untuk menyampaikan materi ideologi di aula Janaka Purwakarta dihadapan seluruh Siswa Menengah Kejuruan.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016