Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan Duta Generasi Berencana (Genre) memegang peran penting menjadi public relations atau humas Program Keluarga Berencana (KB) yang telah lama digulirkan pemerintah.

"Melalui ajang pemilihan Duta Genre, anak muda Purwakarta diharapkan memiliki pemahaman luas soal kesehatan alat reproduksi," kata Bupati di Purwakarta, Selasa. 

Tak hanya itu, katanya, para pemuda juga perlu mengantisipasi antisipasi penyalahgunaan narkoba, pernikahan usia dini dan terus berupaya menghindari seks bebas.

Menurut dia, Duta Genre secara khusus mempunyai tugas untuk menyosialisasikan berbagai program yang digagas oleh pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Mereka harus menjadi penyampai informasi kepada seusia mereka di wilayah masing-masing. Harus menjadi PR dan motivator untuk menyampaikan informasi bahwa pentingnya program-program yang terdapat dalam program keluarga berencana," ujarnya.

Melaui Duta Genre, generasi muda diharapkan menjadi generasi yang produktif baik secara ekonomi sosial dan budaya yang nantinya akan berdampak pada IPM di Kabupaten Purwakarta.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat mengatakan Genre adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda.

"Dalam wadah ini mengajarkan remaja untuk menyikapi persoalan pernikahan dini, seks pra-nikah dan menjauhi Napza serta pemahaman-pemahaman soal mencegah stunting. Agar menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa," kata Yayat.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022