Ganda putra peringkat ketiga dunia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Sabtu, lolos ke partai puncak Malaysia Masters 2022 setelah mengalahkan Liang Wei Kang/Wang Chang yang masuk ke undian utama dari fase kualifikasi.

Pasangan berjuluk The Daddies itu mendulang kemenangan dua gim langsung 21-19, 21-14 pada babak semifinal atas ganda putra asal China tersebut.

"Syukur alhamdulillah bisa melewati partai semifinal ini. Meski tidak mudah, tapi kami bersyukur bisa menang. Lawan mereka kan pemain muda, cukup kuat terutama di tenaganya. Kami mengantisipasi itu tadi," ujar Ahsan dalam pesan tertulis PP PBSI di Jakarta.

Hendra menceritakan, sejak awal pertandingan sudah menyiapkan pola menyerang untuk menekan Liang/Wang agar tidak bisa berkembang. Selain itu kondisi bola yang cepat juga menuntut Hendra/Ahsan untuk bermain cepat.

Baca juga: Pebulu tangkis Chico melaju ke final BWF Super 500 di Malaysia Masters

Pada gim kedua saat tertinggal 8-12 pun, The Daddies kembali menerapkan ritme permainan cepat untuk menekan agresivitas ganda putra peringkat ke-182 itu.

"Wang Chang pemain yang cepat, dia pintar menutup-nutup bolanya. Ke depan mungkin mereka bisa berbahaya kalau mainnya sudah lebih aman," kata Hendra.

"Pasangan China ini mempunyai karakter yang bagus dan mereka punya serangan yang baik, kami cukup kewalahan juga. Jadi memang tadi kami coba adu di bola-bola pendek dan pelannya," kata Ahsan menambahkan.

Disinggung mengenai laga final, The Daddies mengaku akan berusaha memberikan yang terbaik demi mendapatkan gelar pertamanya tahun ini. Terakhir kali The Daddies masuk ke babak final tercatat pada All England 2022 Maret lalu.

Baca juga: Pebulu tangkis Chico melaju ke final BWF Super 500 di Malaysia Masters

Saat itu, The Daddies bertemu dengan junior mereka Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan keluar sebagai runner-up.

"Untuk besok kami akan pemulihan dulu. Memang lelah tapi coba tidak memikirkan hal itu, bermain saja dan mencoba memberikan yang terbaik," ucap Ahsan.

Wakil Indonesia di nomor ganda putra Malaysia Masters 2022 masih bertahan dengan dua pasang melalui kesuksesan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menyusul senior mereka yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan ke babak semifinal.

Fajar/Rian lolos dari perempat final dengan kemenangan atas ganda putra tuan rumah, Junaidi Arif/Muhammad Haikal dua gim langsung 21-10, 21-16 di Kuala Lumpur, Jumat.

"Di pertandingan kali ini kami mencoba main nyaman, tidak terlalu terburu-buru. Lebih fokus di setiap poinnya," ujar Rian dalam keterangan tertulis PP PBSI di Jakarta.

Baca juga: Pebulu tangkis Chico melaju ke final BWF Super 500 di Malaysia Masters

Menurut pasangan unggulan keenam, Arif/Haikal merupakan pemain muda yang punya performa bagus dan berpotensi menjadi penerus ganda putra Malaysia di masa depan. Kebolehan mereka mencapai perempat final juga diapresiasi oleh Fajar/Rian.

"Mereka masih muda dan sampai ke babak perempat final Super 500 juga sebuah pencapaian yang luar biasa. Tadi kami bermain santai, baik menyerang ataupun bertahan. Karena lawan pemain muda dan tenaganya belum besar, jadi kami lebih berani untuk mencoba pola yang berbeda-beda termasuk bermain bertahan," tutur Fajar.

Pada babak semifinal, Fajar/Rian berada di pool atas dan masih menunggu lawan antara Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dan Chang Ko-Chi/Po Li-Wei (Taiwan).

Baca juga: Zacha/Bela incar kemenangan di babak utama Malaysia Masters 2022

"Sebenarnya pertemuan kami dengan Aaron/Soh kan baru kemarin di Thailand, tidak jauh berbeda juga. Yang pasti kami terus mempelajari permainan mereka. Kalau bertemu besok, harus lebih fokus dan jaga kondisinya yang baik. Termasuk juga kalau bertemu Taiwan," ucap Rian.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: The Daddies singkirkan ganda kualifikasi menuju final Malaysia Masters

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022