Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahap dua tahun 2017, bursa calon peserta pemilihan bupati Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung mulai menghangat dengan bermunculan sejumlah nama.

Pantauan di Pringsewu, Selasa, di antara figur yang masuk bursa calon peserta Pilkada di Pringsewu yaitu F Heri Dian, seorang profesional yang menyatakan siap mengikuti penjaringan pencalonan kepala daerah Kabupaten Pringsewu termasuk melalui Partai NasDem.

"Saya sudah siap untuk ikut dalam kancah politik, semua ini dilakukan semata-mata untuk memberikan sumbangsih terhadap daerah yang menjadi tempat kelahiran saya, yaitu Pringombo Kabupaten Pringsewu," kata Heri Dian saat dihubungi dari Bandarlampung.

Menurut dia, keikutsertaannya dalam pesta demokrasi Kabupaten Pringsewu itu merupakan niat tulus untuk memajukan kampung kelahiran agar lebih maju lagi.

Untuk memenuhi kuota keikutsertaan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 sudah dipersiapkan termasuk ikut serta dalam penjaringan Partai NasDem wilayah Pringsewu.

"Saya sudah bertekad untuk bisa berbuat demi bangsa, khususnya bekerja untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Pringsewu," kata dia lagi.

Ia menyebutkan, mulai Selasa(8/3) Partai NasDem menggelar penjaringan calon kepala daerah untuk lima kabupaten termasuk Pringsewu.

Terkait mahar politik, Heri mengatakan, dirinya tidak melihat adanya partai politik yang menetapkan mahar atau biaya sebagai syarat pemberian dukungan politis.

"Saya pikir, undang-undang yang mengatur hal itu sudah jelas, ya partai-partai juga sudah sangat memahami itu," katanya pula.

Sebelumnya, Partai NasDem membuka penjaringan bakal calon kepala daerah lima kabupaten di Lampung yang bakal menggelar Pilkada Serentak 2017. Penjaringan dilakukan pada 8-20 Maret 2016 pada masing-masing kantor DPD NasDem.

"Partai NasDem menetapkan jadwal penjaringan pilkada pada tanggal 8-20 Maret," kata Pelaksana Tugas Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Lampung Taufik Basari.

Ia menyebutkan, Senin, 7 Maret 2016 penjaringan bakal calon kepala daerah diumumkan di tingkat nasional.

Menurut Taufik, Partai NasDem akan tetap menggunakan survei dalam menentukan bakal calon kepala daerah yang didukung.

"Kami juga masih menggunakan politik tanpa mahar. Nanti DPD Partai NasDem menerima berkas dari semua calon yang mendaftar. Setelah itu, berkas diserahkan ke DPW untuk diproses lebih lanjut," ujarnya.

Pada 2017 lima kabupaten di Lampung bakal menggelar Pilkada Serentak. Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Pringsewu, Lampung Barat, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji. (Ant). 

Pewarta: Budisantoso B & Agus S

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016