Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat menerima sebanyak 500 dosis vaksin untuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak yang berada di wilayah kota tersebut.

"Vaksinasi PMK di Kota Depok sudah mulai dilaksanakan. Per tanggal 26 Juni 2022, terdapat sebanyak 135 ekor ternak sapi telah disuntik vaksin PMK," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani dalam keterangannya, Selasa.

Ia mengatakan vaksin terdiri atas sapi perah 63 ekor dan sapi pedaging atau potong 72 ekor, pelaksanaan vaksinasi PMK dilakukan di dua kecamatan, yaitu Cimanggis dan Cipayung yang diberikan kepada sapi perah dan sapi pedaging atau potong.

Baca juga: 800 ribu dosis vaksin PMK siap didistribusikan
Baca juga: Disnak Sukabumi distribusikan 3.400 dosis vaksin PMK
Baca juga: Pusvetma Kementan mulai produksi vaksin PMK

Widyati menjelaskan, pada 23 Juni 2022, Kota Depok telah menerima vaksin PMK sebanyak 500 dosis. Vaksin tersebut digunakan untuk melakukan vaksinasi ternak di peternakan-peternakan yang ada di Kota Depok.

"Ternak yang menjadi target adalah ternak rentan terkena PMK, yang dalam kondisi sehat, dengan prioritas ternak sapi," jelasnya.

Sesuai dengan arahan pemerintah pusat, ujar Widyati, vaksinasi akan dilaksanakan sampai tanggal 29 Juni 2022. Pemberian vaksin booster kedua dan ketiga dilakukan setelah pembagian vaksin disebar ke daerah-daerah.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022