PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memulai uji coba kereta rel listrik (KRL) Solobalapan-Palur secara terbatas pada Jumat hingga Mingggu, 24-26 Juni, sekaligus sosialisasi kepada masyarakat, menjelang operasional secara resmi mulai Juli 2022.

"Secara teknis sudah memenuhi syarat untuk KRL lintas Solobalapan-Palur, sambil melakukan sosialisasi," kata Dirut PT KCI Roppiq Lutzfi Azhar di sela uji coba di Stasiun Palur, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat.

Menurut Roppiq, waktu tempuh KRL Solobalapan-Palur sepanjang 6,7 km hanya sekitar 10 menit dengan kecepatan yang disesuaikan standar KRL, yakni 90 km/jam.

Pihaknya berharap dengan adanya perpanjangan jalur KA Solo ini dapat meningkatkan mobilisasi masyarakat dari Stasiun Solobalapan menuju Stasiun Palur dengan waktu tempuh yang lebih cepat.

PT KCI mencatat saat ini rata-rata volume pengguna KRL Yogyakarta-Solo pada hari kerja sebanyak 12.871 orang/hari. Sedangkan untuk rata-rata volume pengguna KRL Yogyakarta-Solo pada akhir minggu atau hari libur sebanyak 16.038 orang/hari.

Dengan rencana pengoperasian perpanjangan perjalanan KRL hingga Stasiun Palur ini diprediksi penambahan pengguna KRL sebesar 12 persen untuk pengguna pada hari kerja dan kenaikan 11 persen untuk pengguna pada hari libur atau akhir minggu.

Ia memprediksikan jumlah volume pengguna KRL setiap hari di Stasiun Solo Jebres sebanyak 522 orang, sedangkan volume pengguna KRL di Stasiun Palur sebanyak 798 orang/hari.

Baca juga: Mulai Februari 2021 uji coba KRL rute Solo-Yogya dengan tarif Rp1
Baca juga: Asyik, Kini ada kereta api Joglosemarkerto Yogya-Jawa Tengah
Baca juga: KCI pelajari usulan Gubernur Jabar untuk tambah kapasitas penumpang KRL



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KCI mulai uji coba KRL Solobalapan-Palur

Pewarta: Aris Wasita

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022