Rektor Universitas Nasional  El Amry Bermawi Putera mengapresiasi orasi ilmiah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat wisuda sarjana perguruan tinggi swasta itu karena memberikan data sangat aktual tentang penanganan COVID-19.

Menurut El Amry dalam keterangan yang diterima dari Jakarta, Senin, mengatakan permasalahan 5C (Covid-19, Conflict, Climate Change, Commodity Crisis, Cost of Living) yang diangkat Airlangga merupakan fenomena global namun bangsa Indonesia mampu menangani dan melawati problem tersebut.

“Alhamdulillah informasi-informasi itu dari tangan pertama dan hasilnya sangat menggembirakan. Informasi yang langsung dan tidak digoreng-goreng dan betul apa adanya. Hal ini menunjukkan kinerjanya Pak Menko, saya kira luar biasa. Menurut saya, kita termasuk Champions dalam menangani Covid-19. Malah dunia minta tolong Indonesia untuk penanganan Covid-19,” kata El Amry.

Dia menilai kinerja Airlangga sebagai pembantu Presiden, mampu mengatasi Covid-19, mendatangkan jutaan vaksin, dan menjaga stabilitas ekonomi. Hal itu tak lepas dari pengalaman panjang Airlangga di Partai Golkar, saat berkiprah di  legislatif dan eksekutif sehingga tahu permasalahan lapangan. 

“Saya kira on the track sebagai pembantu Presiden, sudah melakukan tugasnya dengan baik untuk negara. Salah satu yang cocok sebagai pemimpin bangsa ini, lama di Golkar, lama juga di DPR, tahu masalah legislatif, eksekutif, komplet,” tutur El Amry.

Sementara Guru Besar Universitas Nasional Umar Basalim mengatakan pemaparan Menko Perekonomian itu sangat tepat, mampu memberikan stimulus kepada para wisudawan tentang masa depan.
 
“Mengena sekali, menggambarkan masa depan, terus menjelaskan pos-pos yang mereka tempati. Dia menawarkan kepada para wisudawan yang sifatnya berbasis digital. Jadi kesempatan untuk digitalisasi itu masih terbuka,” terang Guru Besar di bidang ekonomi dan politik tersebut.  

Pemaparan Airlangga komunikatif, artikulatif, vokal yang bagus sehingga mahasiswa fokus saat Airlangga menyampaikan orasi, katanya.

Poin-poin penting terkait pencapaian pemerintah, seperti penyelesaian Covid-19, digitalisasi pemerintahan, prakerja, dan capaian-capaian lain tersampaikan dengan baik.

Apresiasi juga datang dari Guru Besar Ilmu Politik yang juga Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional Maswadi Rauf.

Ia menilai pembekalan Ketua Umum Golkar tersebut sangat relevan khususnya untuk anak-anak muda yang baru lulus strata 1 (S1) sebelum memasuki lapangan kerja.

“Jadi ini perlu diberikan beberapa pandangan yang bisa mendorong mereka untuk bekerja lebih baik setelah lulus dari S1 mencari lapangan pekerjaan lalu dengan bekerja kemudian membuat karir masing-masing,” ujar Maswadi.

Maswadi yang juga menengarai suntikan motivasi Airlangga sangat bermanfaat bagi anak-anak muda untuk bekerja dengan baik. Sehingga mereka bisa memiliki karir yang cemerlang di masa depan. Sebab mereka yang lulus sekarang ini adalah mereka yang akan menjadi pemimpin bangsa di kemudian hari.

Dia mengapresiasi pencapaian terutama di bidang penanganan covid dan ekonomi dinilainya cukup berhasil. Hal itu tak lepas dua bidang tersebut yang menjadi sangat urgen untuk segera diatasi. 

”Updating dari Pak Airlangga sebagai Menko Perekonomian apa (upaya) yang dilakukan pemerintah sampai saat ini terutama di dua bidang (penanganan covid dan ekonomi) yang dinilai cukup berhasil karena memang kedua-duanya itu adalah yang harus kita atasi,” ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022