Calon haji Indonesia yang meninggal dunia di Tanah Suci bertambah menjadi enam orang setelah seorang anggota jamaah dari Embarkasi Solo meninggal dunia di Kota Madinah, Arab Saudi, pada Sabtu (18/6).

Menurut tenaga kesehatan haji Indonesia, Dyah Listyorini, yang dikutip dari Media Center Haji Kementerian Agama di Madinah, Minggu, calon haji dari Embarkasi Solo, Purnomo bin Sukaryo (61), meninggal dunia karena penyakit kardiovaskuler.

Menurut dia, sebelum mengalami gangguan kesehatan Purnomo shalat dhuha di Masjid Nabawi, lalu berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW.

"Ketika Purnomo akan pulang, sampai di depan pintu delapan, pasien minta istirahat untuk masuk di dalam masjid. Dia kemudian pingsan," kata Dyah.

Petugas kesehatan yang ada di lokasi kejadian langsung memberikan pertolongan pertama kepadanya. Saat dokter tiba di lokasi pasien dalam kondisi denyut nadi sudah tidak teraba atau nafas terhenti.

Menurut dia, tim kesehatan kemudian meminta bantuan dari Rumah Sakit Al Shafiah, yang langsung mengirim tim untuk menjemput pasien.

Setelah tiba di rumah sakit pasien langsung mendapat penanganan medis. Namun, pasien tidak tertolong lagi dan dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu pukul 08.10 waktu Arab Saudi.

Calon haji yang meninggal dunia di Madinal adalah dari kloter 15 Embarkasi Solo berasal dari Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah.


Baca juga: Usai shalat di Masjid Nabawi, calon haji dari Embarkasi Padang meninggal dunia
Baca juga: Seorang calon haji Embarkasi Jakarta meninggal dunia di Madinah
Baca juga: Amirul Hajj: Tren angka kematian jamaah haji menurun





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Calon haji yang meninggal di Tanah Suci bertambah jadi enam orang

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022